Ketua Ketua Paguyuban P2TSI, Dr. Sudarman (dua dari kanan) saat memimpin MoU Undaris dan Unmer Surabaya dengan P2TSI. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Ketua Dewan Pembina Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Idaman (P2TSI) Prof Dr Y Sutomo MM menyambut baik penandatanganan nota kesepakatan  atau Memorandum of Understanding (MoU), antara Universitas Merdeka (Unmer) Surabaya dan Universitas Darul Ulum Islam (Undaris) Ungaran, dengan P2TSI .

Penadatangan sendiri berlangsung Sabtu (18/9/2021) di kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang.

Sementara itu, acara dipimpin langsung oleh Ketua Paguyuban  P2TSI, yang juga Wakil Rektor II Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, Dr. Sudarman, SE., M.M., AK, CA., CPA.

‘’Saya  mengucapkan selamat datang di Kampus  ITB Semarang  dalam rangka penandatanganan MoU Antara Unmer Surabaya dan Undari Ungaran dengan  PTS Anggota P2TSI.  Dalam kesempatan ini juga perkenankan saya mengucapkan selamat bergabung  untuk  Unmer Surabaya dan Undari Ungaran menjadi Anggota Paguyuban PTS Idaman (Inovatif dan Manajemennya Mantap), dengan motto Kekeluargaan, Kebersamaan & Persaudaraan,’’ jelas Prof Y Sutomo, yang merupakan Rektor ITB Semarang.

Prof Y Sutomo mengatakan, sesuai dengan kebijakan Kemendikbudristek,  bahwa semua  Perguruan Tinggi di Indonseia mau tidak mau, suka tidak suka harus menjalankan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

‘’Kebijakan ini diharapkan akan menambah wawasan dan menguatkan kompetensi mahasiswa sebagai  lulusan yang  cepat diserap di dunia kerja,’’ jelasnya.

Kebijakan MBKM menurutnya  menuntut Pimpinan Perguruan Tinggi  memiliki strategi yang  jitu dan inovatif  dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga mahasiswa merasa terfasilitasi  baik dalam menempuh perkuliahan di PTS lain serta di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) selain kuliah di Program Studi yang  ada di PTS itu sendiri.

‘’Berdasarkan fenomena tersebut, Pimpinan ITB Semarang dan atas inisiatif dari Warek II Dr. Sudarman kami, memformulasikan dan membetuk suatu wadah  kebersamaan diberi nama Paguyuban PTS Idamman. Di mana harapan saya para anggotanya mempunyai harapan yang sama agar PTS-nya menjadi idaman masyarakat, dengan akreditasi baik sekali, mahasiswanya banyak, lulusan terserap di DUDI dan dosennya sejahtera,’’ paparnya.

‘’Oleh karenaya melalui P2TSI ini kita akan melakukan kegiatan bersama-sama sebagai wujud kebersamaan,’’ jelasnya lagi.

Diantaranya meliputi pertukaran mahasiswa, riset dan PKM, penulisan jurnal, seminar. Lokakarya, dan lomba karya inovasi ilmiah, serta olahraga dan seni mahasiswa, serta LKMM.

‘’Kami berharap setelah penanda tangan MoU ini bisa ditindaklanjuti dengan MoA,  sehingga memudahkan bagi Fakultas,  LPPM maupun Program Studi untuk menindaklanjutinya, misalnya kerja sama penelitian, PKM  dan penulisan jurnal, yang terus dikembangkan bersama,’’ jelasnya.

Dr Sudarman mengatakan, menjalin kerjasama tidak hanya DUDI, namun kerjasama juga dengan sesama PTS dalam rangka MBKM.

‘’Dengan bergabungnya Unmer Surabaya dan Undaris Ungarann kami berharap akan makin memperkuat kolaborasi anggota P2TSI, sehingga bisa sama-sama memajukan pendidikan di Indonesia,’’ jelasnya.

Adapun anggota P2TSI yang MoU dengan Undaris dan Unmer tersebut adalah Universitas AKI Semarang (UNAKI), Universitas Boyolali, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, STIE Assholeh Pemalang, STIMIK Bina Patria Magelang, STT Wiworotomo Purwokerto, STIE Surakarta, Stikes Mitra Husada Karanganyar, Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), STIE Dharma Putra Semarang, STIKES Pantiwiloso Semarang. She