Prof Budi Setiyono

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Universitas Diponegoro (UNDIP) akan menyelenggarakan Wisuda ke-162 untuk 1.536 wisudawan dari berbagai jenjang pendidikan tinggi yang diselenggarakannya.

Acara yang berpusat di Gedung Prof Soedarto SH kampus Undip Tembalang akan dilaksanakan secara daring/online dan luring terbatas pada Rabu (19/5/2021) dan Kamis (20/5/2021).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNDIP, Prof Budi Setiyono PhD, mengatakan keputusan dilakukannya acara secara mixed dengan menggabungkan acara daring dan luring sudah dilandasi dengan pertimbangan matang. “Yang terlibat secara luring, diseleksi secara ketat sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan,” kata Prof Budi Setiyono, Selasa (18/5/2021).

Ketatnya protokol kesehatan dalam pelaksanaan wisuda tersebut mencakup sterilisasi disinfektan ruangan yang akan dipakai untuk kegiatan, pembatasan waktu acara maksimal 2 jam, peniadaan prosesi antrian masuk ruang, penyiagaan petugas medis dari RSND, dan penyediaan kelengkapan protokol seperti hand sanitizer dan masker standar untuk  personil yang terlibat. “Anggota Senat Akademik Undip yang akan hadir secara luring juga diwajibkan mengikuti swab test dua hari sebelum acara. Bahkan pada setiap jeda dilakukan sterilisasi ruangan,” dia menambahkan.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan offline atau luring terbatas di Gedung Prof. Soedarto SH jumlah yang hadir pun dibatasi maksimal 50 orang termasuk panitia. Peserta yang hadir dalam kegiatan luring diantaranya adalah Rektor dan Wakil Rektor (5 orang), Pimpinan Senat Akademik (2 orang), Pimpinan Majelis Wali Amanat (2 orang), Pimpinan Dewan Profesor (2 orang); Dekan Fakultas sesuai jadwal mahasiswa yang diwisuda, serta panitia yang mendukung pelaksanaan acara.

Di luar itu, peserta akan mengikuti acara secara daring. Para anggota Senat Akademik yang lain, unsur mahasiswa, para Wisudawan; dan orang tua wisudawan akan mengikuti secara daring yang tampilan tayangannya lebih detil dan menarik.

Pada Wisuda ke-162 ini, Undip akan mengukuhkan 1.536 wisudawan yang terdiri dari lulusan Program Sarjana (S1) sebanyak 1.007 orang, Program Magister 275 orang, Program Doktor 32 orang, Program Pendidikan Spesialis 45 orang, Pendidikan Profesi 47 orang, Program Diploma 127 orang, dan Program Sarjana Terapan sebanyak 3 orang. Dari 1.536 wisudawan, 701 orang di antaranya mendapat predikat cumlaude.

Untuk tahun ini, menindaklanjuti perkembangan keadaan dan perubahan zaman, semua calon wisudawan Undip diberi bekal kiat-kiat pengembangan karir dalam masa pendemi. Undip berharap profil lulusannya memiliki nilai plus berupa kemampuan adaptif dengan situasi terkini dengan mengembangkan ide dan gagasan kreatif untuk mengatasi kelangkaan lowongan pekerjaan pada masa sekarang ini. “Lulusan juga diberi wawasan dan keterampilan kerja mandiri, serta seluk beluk Internet of Things atau IoT; serta ketrampilan untuk bekerja secara online,” tukasnya. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here