Unissula Festival Seni Internasional. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Festival Sains Islam Internasional (FSII) merupakan festival yang rutin diselenggarakan Unissula setiap tahun. Menurut Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD, FSII diselenggarakan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia, dan untuk merayakan tahun baru Islam.

“Festival ini diselenggarakan untuk memperingati 2 perayaan, yang pertama hari kemerdekaan dan merayakan tahun baru Hijriyah”, ungkapnya secara daring dalam sambutan penyelenggaraan final lomba FSII 2021.

Babak final ini diselenggarakan setelah dilakukan seleksi oleh juri di babak penyisihan pada 11 – 27 Agustus 2021 lalu. Adapun perlombaan ini diikuti oleh peserta dari dalam negeri hingga luar negeri dengan usia maksimal 22 tahun. Mereka mengikuti salah satu dari 10 cabang lomba berbahasa Indonesia, berbahasa Arab, dan berbahasa Inggris.

 

Bedjo Santoso berharap pada tahun selanjutnya FSII akan lebih baik lagi, terutama jumlah peserta yang akan lebih banyak lagi. “Berharap penyelenggaraan selanjutnya akan lebih baik dengan peserta yang lebih banyak”, harapnya.

Dr Sugeng Hariyadi Lc MA melanjutkan agar peserta lomba dapat mengikuti proses perlombaan dengan sportif. “Terimakasih kepada para peserta yang sudah berpartisipasi dalam lomba ini, ikuti lomba dengan optimal dan sportif”, pungkas Ketua Pelaksana FSII 2021.

Setelah penilaian di babak final diperoleh pemenang lomba MTQ Putra Farid Khoirul Umam Juara I, Muhammad Hifzi Abdillah Juara II, dan Muhammad Khoirul Anam Juara III. Lomba MTQ Putri Siti Nurriyadhoh Juara I, Layinnatul Faizah Juara II, dan Naila Diana Maulida Juara III. Pidato Bahasa Indonesia Rofida Afdhila Juara I, Dini Ahdania Mutmainah Juara II, dan Aliyatus Sariroh Juara III.

Kategori pidato Bahasa Inggris Farahdiba Ramadhani Hakim Juara I, Alfi Hulwatun Nasichah Juara II, dan Isyi Zahrotal Jasmine Juara III. Pidato bahasa Indonesia Diena Aulia Rahmani Juara I, Nafilatus Saidah Juara II, dan Sofyan Hadi Juara III. Syair bahasa Indonesia Nyimas Arifah Muthmainnah Juara I, Muhammad Yusuf Rangkuti Juara II, dan Roficho Khoiruanisa Juara III. Syair bahasa Inggris Mohammad Luthfi Juara I, Risda Lailia Fatimatu Zahro Juara II, dan Ghefira Putri Ramadhania Juara III.

Kategori syair bahasa Arab Tahta Alvina Izzaty Juara I, Anna Noor Fatikhatun Zulfa Juara II, dan Naili Rahma Agustin Juara III. Nasyid Refki Ferdiansyah Juara I, Evik Yusrul Huda Juara II, dan Anggita Ayu Gienanti Juara III. Lomba maulid PP Al Mahfudz putri Demak Juara I, PP Al Mahfudz Putra Demak Juara II, dan MA NU Banat Kudus Juara III. She