in

Ajari Wirausaha, Tim Pengmas PNJ Gelar Pelatihan Mengelas, Tour Guide, dan Packaging Produk

Tim PengMas PNJ Demak saat memberikan contoh keterampilan pengelasan pada pemuda desa Mangunrejo Kebonagung. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com)– Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Kampus Demak mengadakan Pelatihan Mengelas, Tour Guide, dan Packaging Produk bagi Pemuda Karangtaruna Desa Mangunrejo, Kecamatan Kebonagung.

Kegiatan yang diprakarsai Tim Pengabdian Masyarakat (PengMas) PNJ itu dalam rangka memberdayakan kaum muda desa dengan wirausaha sehingga berujung peningkatan kesejahteraan.

Ketua Tim PengMas PNJ Demak Sugiyarto SPd MPd menjelaskan, kegiatan yang berlangsung sehari di Balai Desa Mangunrejo tersebut diikuti 60 peserta. Untuk lancarnya kegiatan, Tim PengMas yang terdiri dari tiga anggota yakni Mulyono, SKom MKom dan Nina Sulistyowati SS MA itu juga dibantu beberapa mahasiswa dari Prodi D-3 Teknik Mesin. Di samping beberapa Sarjana Terapan Usaha Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran (MICE).

“Keseluruhan peserta dibagi menjadi tiga kelas sesuai minat. Yakni pengelasan, tour guide atau pemandu wisata, serta packaging atau pengemasan produk sehingga meningkatkan nilai jual,” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut dipaparkan, pemilihan tema pelatihan mengelas, tour guide, dan packaging produk berdasarkan studi pendahuluan terhadap potensi yang ada di Desa Mangunrejo. Pemilihan pelatihan juga didasarkan hasil pengisian google form kebutuhan pelatihan yang sudah dibagikan oleh Tim PengMas kepada pemuda desa Mangunrejo.

“Pemilihan pelatihan mengelas dipilih agar pemuda desa Mangunrejo mampu berwirausaha di sektor pengelasan, sehingga industri pengolahan logam yang ada di Demak dan Grobogan bisa ditangkap,” imbuhnya.

Sedangkan pada pelatihan tour guide, para pemuda diajarkan cara memandu wisatawan yang baik dan profesional. Dengan bekal kemampuan ini, mereka dapat ikut serta dalam meningkatkan kualitas pariwisata Kabupaten Demak.

Sementara pelatihan packaging produk dimaksudkan agar para pemuda desa dapat mengemas dan memasarkan produk mereka di marketplace. Karenanya mereka juga diajari cara memfoto produk agar hasilnya menarik, sekaligus mempostingnya di marketplace yang dipilih.

Seiring terlaksana pelatihan, diharapkan muncul wirausahawan muda di Desa Mangunrejo. Sehingga taraf kesejahteraan masyarakat Desa Mangunrejo turut terdongkrak.

Sehubungan itu, Kades Mangurejo Supriyono menyambut positif pelatihan ‘lifeskill’ oleh Tim PengMas PNJ Demak. Harapannya, bisa menjadi agenda rutin dengan jenis atau materi yang berbeda untuk menumbuhkan jiwa wirausaha muda-mudi desa khususnya, dan masyarakat Mangurejo pada umumnya. rie-she

Written by Jatengdaily.com

Transformasi Digital Harus Didukung Regulasi dan Literasi yang Baik

Segera Booster Vaksinasi COVID-19 untuk Kurangi Risiko Kematian