in

Jokowi di Solo, Bantu Pekerja Seni dan Pelaku Usaha Kecil

Presiden Jokowi saat menyalurkan bantuan pelaku seni di Taman Balekambang Solo. Foto: setpres

SOLO (Jatengdaily.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan serangkaian kegiatan kunjungan untuk menyalurkan bantuan ke sejumlah tempat di Kota Solo, usai menghadiri pernikahan adik kandungnya Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman Kamis (26/5/2022). Di antaranya Jokowi ke Taman Balekambang, Pasar Gede dan Pasar Mojosongo Solo.

Saat di Taman Balekambang Jokowi memberikan bantuan untuk pekerja seni. Presiden mengatakan melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” ucap Presiden.

Presiden menginginkan Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan. “Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” kata Presiden.

Saat di Pasar Gede menyalurkan bantuan tambahan modal kepada para pedagang dan pelaku usaha kecil. Jokowi meminta para penerima untuk memanfaatkan bantuan dari pemerintah tersebut sebagai tambahan modal usaha. “Disyukuri (bantuan yang diperoleh), yang penting bisa untuk tambahan modal usaha,” katanya.

Presiden Jokowi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT), bantuan Atensi untuk kelompok rentan, dan bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) serta bantuan pangan nontunai (BPNT).

Di Pasar Gede bantuan Atensi yang diserahkan berupa bantuan aksesibilitas, yakni motor roda tiga, kursi roda adaptif, kursi roda elektrik, kursi roda multi guna, dan tongkat penuntun adaptif. Selain itu, diserahkan pula bantuan modal usaha sejumlah Rp129.569.450.

Sementara itu saat di Pasar Mojosongo selain disalurkan bantuan Atensi juga diberikan bantuan modal usaha, santunan YAPI, serta lansia produktif dengan total bantuan sebesar Rp130.395.747.

Secara keseluruhan, untuk Kota Solo penyaluran bansos minyak goreng periode Mei 2022 sebanyak 40.302 KPM, PKH tahap dua sebanyak 20.229 KPM dengan total nominal Rp14.207.075.000, dan BPNT sembako kepada sebanyak 40.302 KPM. yds

Written by Jatengdaily.com

Penjual Es Perkosa dan Bunuh Adik Ipar di Demak, Gara-gara Cinta Tak Berbalas

Pasar Hewan di Solo Raya Ramai-ramai Ditutup Sementara, Cegah PMK