in

Kader SKPP di Jateng Membentuk Forum Komunitas Digital

Pertemuan kader Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif . Foto: dok.bawaslu

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Bawaslu Jawa Tengah mempertemukan para kader Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif pada Selasa (11/10/2022). Pertemuan digelar di Magelang dengan diikuti sekitar 100 orang. Dalam pertemuan ini digelar diskusi tentang penggunaan media sosial untuk pengawasan pemilu 2024.

Dalam pertemuan ini, para kader SKPP di Jawa Tengah sepakat membentuk Forum Komunitas Digital Alumni SKPP. Para kader SKPP juga menyepakati Hamam Nasiruddin sebagai ketua forum tersebut.

“Kami bersepakat membentuk Forum Komunitas Digital yang akan melakukan pengawasan partisipatif khusus situs dan medsos. Kira-kira semacam Tim Cyber Army- nya Bawaslu Jawa Tengah,” kata Hamam dilansir dari Bawaslu Jateng, Rabu (12/10/2022).

Rencana aksinya antara lain: akan mencatat, menangkap layar lalu menginformasikan atau melaporkan setiap dugaan pelanggaran di ruang-ruang siber. Selanjutnya, kata Hamam, para kader SKPP juga akan memproduksi dan menyebarkan konten baik pemilu di akun pribadi maupun akun organisasi. “Ini untuk memenangkan ‘pertempuran’ di internet dan sosial media demi menghadirkan pemilu yang baik dan bermartabat,” kata Hamam.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di Batang pada 6 Oktober lalu. Sama dengan di Magelang, kader SKPP yang ikut acara ini berasal dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Anik Sholihatun mengungkapkan bahwa, situs dan sosial media adalah salah satu penyebab catatan ‘terbelahnya’ bangsa ini pada Pemilu 2019.

Keterbelahan tersebut harus diantisipasi dan dihadapi sejak saat ini karena pemilu 2024 ditandai dengan banyaknya pemilih muda yang sangat familier dengan pemanfaatan teknologi. “Kader-kader muda SKPP telah memiliki pemahaman cukup tentang bagaimana pemilu yang baik. Menjadi andalan Bawaslu Jateng dalam menyebarluaskan kebaikan pemilu dan memerangi fitnah dan disinformasi pemilu di internet serta sosmed,” kata Anik.

Anik meminta agar forum-forum seperti ini menjadi tempat belajar bersama mendiskusikan strategi serta rencana aksi menguatkan pengawasan pemilu 2024 bersama generasi muda khususnya di media sosial.

Dalam acara pertemuan kader SKPP menghadirkan beberapa narasumber dengan beberapa materi antisipasi kejahatan siber dalam pemilu 2024, identifikasi hoaks dan berita menyesatkan, penggunaan media sosial yang cerdas serta strategi pengawasan media sosial pemilu 2024.

Narasumber yang hadir adalah AKP Endro Prabowo (Dirkrimsus Siber Polda Jawa Tengah), Septiaji Eko Nugroho (Ketua Presidium Mafindo), Agus Mulyadi (Influencer dan aktivis sosial media) serta Muhammad Nur Huda (Konsultan Manajemen Publikasi dan Cyber War). Septiaji Eko Nugroho menyampaikan berbagai tips agar kitab isa terhindar dari kabar bohong (hoaks). Adapun Agus Mulyadi menyampaikan materi tentang pentingnya media sosial sebagai alat untuk kehidupan sehari-hari. Baik yang terkait dengan kepentingan personal maupun kelembagaan. she

Written by Jatengdaily.com

Permudah Mobilitas Relawan Anies di Jateng, DPW Kalsel Sumbang Bus

Video Poster Video Competition Mahasiswa FIB Undip Jawara Kemenko Perekonomian 2022