in

Kirab Bendera Merah Putih 1.001 Meter Meriahkan Hari Pahlawan

Kirab bendera dalam memepringati Hari Pahlawan di Semarang. Foto: Humas Prov. Jateng

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Peringatan Hari Pahlawan, pada Kamis (10/11/2022) di Jateng dimeriahkan dengan kirab bendera merah putih sepanjang 1.001 meter.

Bendera sepanjang 1.001 meter yang dibawa oleh belasan ribu orang tersebut mampu membuat kagum Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Beberapa kali gubernur antusias dengan bertepuk tangan, melihat para pelajar hingga peserta lain membawa bendera di Lapangan Simpanglima yang kemudian dibawa beriringan melintasi jalan tersebut.

Menurut Ketua Kirab Merah Putih, Adhi Siswanto Wisnu Nugroho, kirab dilakukan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

“Serta untuk membangkitkan rasa nasionalisme, dan patriotisme ke generasi penerus bangsa. Kami terima kasih sekali didukung Pemprov Jateng, Pemkot Semarang dan semua pihak,” kata Adhi dilansir dari laman humas Prov. jateng.

Dia mengatakan, kirab ini mengarak bendera sepanjang 1.001 meter yang hari ini dibawakan pelajar, pramuka, mahasiswa, dan diiringi elemen organisasi kemasyarakatan pemuda, organisasi, ASN, budayawan, TNI, polisi dan lainnya. Total sekitar 11 ribu orang membawa bendera merah putih dari Balai Kota Semarang ke Lapangan Pancasila Semarang.

Acara kirab diinisiatori oleh tokoh ulama kharismatik Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Harapannya dengan kirab bendera panjang ini, kata dia, agar semangat merah putih tetap bergelora kepada anak bangsa.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH Ahmad Darodji yang turut menjadi peserta doa bersama untuk bangsa menyampaikan, doa dilakukan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berkorban demi bangsa.

“Bagaimana kita meneladani mereka. Yuk, kita jadikan ini momentum menghargai jasa pahlawan. Kita mengikuti jejak yang telah mereka berikan kepada kita,” kata Darodji. she

Written by Jatengdaily.com

Kasus Dugaan Korupsi BBM oleh PT PPN Rugikan Negara Rp 451,6 Miliar

PGRI Demak Gelar Bimtek Implementasi Merdeka Belajar