in

Mengendarai Hyundai Stargazer, Penumpang Terasa Nyaman dan Dimanjakan

Penampilan Hyundai Stargazer kelihatan kokoh dan futuristik. Foto:dok

KEHADIRAN Hyundai Stargazer sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diperuntukkan sebagai “mobil keluarga” diprediksi akan menjadi pesaing bagi kompetitor yang sebelumnya telah bermunculan di pasaran. Sebagai mobil keluarga, tentu pertanyaannya seberapa nyaman kabin MPV berkapasitas tujuh penumpang yang baru mengaspal ini.

Redaksi Jatengdaily.com yang mendapat kesempatan menjajal tipe tertinggi Stargazer Prime selama dua hari, tentu tidak menyia-nyiakan waktu baik ini. Bersama keluarga, penulis pun mencoba menjelajahi kota Solo melalui akses tol Semarang-Solo. Begitu memasuki area tol, kenyamanan mengendarai Hyundai Stargazer mulai bisa dirasakan.

Ruang kabin yang luas dan memberikan fitur menarik bagi pengemudinya, Foto:dok

Tampilan mewah kabin mulai dari konfigurasi captain seat di bangku baris kedua hingga material jok yang terbilang empuk untuk kenyamanan penumpang bisa dinikmati oleh penumpang di bagian belakang. Belum lagi AC yang sejuk, membuat penumpang merasa dimanjakan oleh mobil MPV Stargazer ini.

Ekspektasi kenyamanan penumpang juga bisa terasa saat ruang kaki yang lega, sehingga membuat nyaman penumpang yang menggunakannya. Deretan kursi di bagian tengah kendaraan juga memanjakan penumpang dengan fitur setelannya.

Baca Juga: Daftar Nikah Kini Bisa Daring lewat Simkah, Berikut Caranya

Fasilitas meja dengan satu hole yang bisa dijadikan tempat gelas di hadapan kursi baris tengah menjadi salah satu hal kecil yang juga mampu membuat penumpangnya semakin betah tinggal di dalam mobil Stargazer ini. Namun sayangnya, meja tersebut hanya bisa dinikmati oleh penumpang bagian kiri, karena tidak tersedia di depan kursi tengah bagian kanan.

Fitur lain yang juga menambah kenyamanan di Hyundai Stargazer untuk perjalanan jauh, ialah konfigurasi captain seat di jok baris kedua. Foto:dok

Kenyamanan mengendarai Stargazer ini juga bisa dirasakan penumpang, karena ruang kepala yang tinggi, sehingga terasa begitu lega. Untuk penumpang yang memiliki postur tubuh tinggi, hal ini tentu sangat membuat lebih nyaman. Ruang kaki kursi tengah juga lega, yang membuat posisi duduk menjadi semakin lebih nyaman.

Pada kursi bagian belakang, lagi-lagi Hyundai sangat memanjakan penumpangnya melalui Stargazer. Jika mobil kompetitor Stargazer kursi baris ketiga memiliki ruang kaki yang sempit, hal ini tidak berlaku di Hyundai Stargazer. Mobil urban ini memberikan ruang kaki yang cukup lega di jok baris ketiga, sehingga penumpang masih cukup leluasa untuk menggerakkan kakinya.

Kenyamanan penumpang di jok paling belakang juga bisa dirasakan, karena jok baris ketiga didesain agak tinggi, sehingga memberikan pandangan penumpang lebih jelas dan luas ke kaca depan, tidak tertutupi oleh jok baris di depannya. Bukan itu saja, ruang kepala di jok ketiga juga lega. Sehingga, bagi penumpang yang memiliki postur tubuh agak tinggi, tak perlu khawatir dengan kepala mentok.

Baca Juga: Raih Enam Emas, Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Para-Bulu Tangkis di Jepang

Dari ketiga baris jok tersebut, Hyundai Stargazer memiliki head restraint yang pas, yang juga menambah kenyamanan bagi penumpang. Sedangkan penampilan dashboardnya terlihat semakin menambah kesan mewah Hyundai Stargazer ini. Ada satu kompartemen Stargazer yang cukup menarik yang tidak dijumpai di mobil lain, yakni kompartemen rahasia alias hidden tray yang ada di dashboard, persis di depan kursi penumpang bagian depan.

Dari bentuknya, sekilas memang nampak bukan seperti kompartemen. Namun ketika ditekan sekali, maka dia akan terbuka. Kompartemen ini sangat cocok untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil, karena memang dimensinya tidak besar. Kompartemen tersebut cocok untuk menyimpan barang seperti handphone, TWS, charger, dompet, obat-obatan ataupun uang receh.

Disematkan pula kompartemen lain yang minimalis dan pas untuk menyimpan berbagai barang, seperti tisu, tisu basah hingga botol minum berdiameter kecil. Sebagai mobil keluarga, banyaknya kompartemen ini tentu memberikan kenyamanan, karena penumpang memiliki banyak ruang untuk menyimpan berbagai barang, dan tentu akan menambah keunikan ruang kabin itu sendiri.

Keunikan lainnya pada Hyundai Stargazer ini juga terlihat pada ambient lamp berwarna biru pada dashboard dan pintu-pintunya yang membuat kesan elegan ketika berkendara di malam hari. Kecerahan dari ambient lamp ini juga pas di mata, sehingga semakin menambah tampilan menjadi lebih unik dan menarik.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Tiket Kereta Api Libur Nataru Sudah Bisa Dibeli

Berbagai fasilitas lain yang disematkan pada Hyundai Stargazer ini adalah fasilitas wireless charging yang letaknya berada di depan perseneling. Ini tentu sangat membantu pengendara yang memiliki mobilitas tinggi dan cepat. Sehingga, saat lagi berkendara, tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Selain itu, pengguna juga tidak perlu repot membawa kabel dan membiarkan kabel charger berseliweran di mobil.

Penampilan Hyundai Stargazer dari belakang semakin menarik, garis lampu memanjang memberikan kesan mobil mewah di kelasnya. Foto:dok

Kenyamanan yang bisa dirasakan penumpang Hyundai Stargazer ini, selain kabin dan fitur-ftur menarik juga merasakan kabin mobil ini cukup mampu meredam suara dari luar dan juga suara mesin. Kabin yang kedap membuat obrolan di dalam kabin tetap berjalan lancar tanpa terganggu raungan suara mesin dan gesekan antara ban dan jalan. Selain itu, juga membuat entertainment seperti musik tetap terdengar jelas dari baris depan hingga ketiga.

Berbagai fitur menarik yang bisa memanjakan penumpang Hyundai Stargazer:

1. Hyundai Bluelink
Sensasi Naik Hyundai Stargazer Jarak Jauh, Fitur Canggihnya Berlimpah!Hyundai Bluelink Stargazer. Stargazer varian tertinggi Prime dengan konfigurasi interior captain seat, kelebihan pertama yang dirasakan redaksi adalah fitur Bluelink yang disematkan di Stargazer. Fitur ini merupakan Connected Car Service dari Hyundai, yang memungkinkan pemilik terhubung dan punya akses penuh ke mobil melalui smartphone.

Beberapa fitur unggulan dari Hyundai Bluelink adalah tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Selain itu, ada juga fitur Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan yang terakhir Find My Car.

Fitur Bluelink ini memungkinkan pengguna mobil bisa mengoperasikan fasilitas AC kendaraan bisa dinyalakan terlebih dahulu, sehingga saat masuk ke dalam mobil dalam kondisi kabin sudah dingin. Meski demikian juga enggak perlu takut ada orang lain yang masuk ke dalam mobil, karena posisi pintu mobil bisa dipastikan terkunci dari luar.

2. Cruise Control
Sensasi Naik Hyundai Stargazer Jarak Jauh, Fitur Canggihnya Berlimpah!Fitur Cruise Control di Hyundai Stargazer. Fitur Cruise Control ini tentunya sangat membantu di jalan tol, apalagi kalau jarak jalan tol yang dilalui panjang dan kosong. Seperti saat penulis mengendarai Hyundai Stargazer dari Semarang menuju Solo, di mana jalur yang dilalui adalah jalan tol yang difasilitasi marka secara jelas.

Dengan adanya fitur Cruise Control, maka kaki pengemudi enggak harus menginjak pedal gas terus menerus, cukup mengatur kecepatan maksimal yang diinginkan, maka mobil akan melaju dengan sendirinya. Tapi, sayangnya Cruise Control di Stargazer belum sepenuhnya adaptive. Meski begitu kehadiran fitur cruise control ini jadi nilai lebih buat Stargazer. Sebab belum banyak MPV di kelasnya yang dibekali fitur keren ini.

3. Fitur-fitur di SmartSense
Hyundai Stargazer juga dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif bernama Hyundai SmartSense. Di perjalanan jarak jauh ada beberapa fitur yang paling dirasakan pengemudi yang sangat membantu, yaitu Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA). Karena dengan fitur ini, mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi secara visual dan audio, serta setir akan dikoreksi apabila akan keluar dari marka jalan tanpa menyalakan lampu sein.

Fitur ini sangat cocok dipadukan dengan Cruise Control di jalan tol, karena selain enggak harus capek-capek menginjak pedal gas, pengemudi juga tidak perlu takut kehilangan konsentrasi dan keluar dari lajur tanpa sengaja. Ada juga fitur keamanan Forward Collision Avoidance Assist (FCA), di mana sistem ini secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan.

4. Blind-Spot Collision Warning

Blind-Spot Collision Warning (BCW) dirancang untuk membantu mendeteksi dan memantau kendaraan yang mendekat di area blind spot pengemudi dan memperingatkan pengemudi tentang kemungkinan akan terjadi benturan dengan menampilkan pesan peringatan dan mengeluarkan bunyi peringatan.

Untuk memperingatkan Anda bahwa ada kendaraan yang terdeteksi, lampu peringatan di spion luar akan menyala. BCW ini akan beroperasi saat kecepatan kendaraan Anda di atas 20 km/jam dan kecepatan kendaraan yang terdeteksi di area blind spot di atas 10 km/jam.

5. Ada pilihan mode berkendara
Hyundai membekali Drive Mode di Stargazer yang terdiri dari Eco, Normal, Sport, dan Smart. Ketika ingin melaju dengan santai dan menginginkan efisiensi BBM yang tinggi, bisa memakai mode Eco. Namun ketika ingin merasakan tarikan dari Stargazer di jalan tol perlu juga dicoba mode sport. Begitu mode diubah dengan memencet tombol di sebelah tuas transmisi ke mode Sport, raungan mesinnya menjadi jauh lebih agresif dibandingkan Drive Mode lainnya.

6. Kabin lebih nyaman dengan captain seat
Fitur lain yang juga menambah kenyamanan di Hyundai Stargazer untuk perjalanan jauh, ialah konfigurasi captain seat di jok baris kedua. Captain seat di Stargazer ini bisa dibilang nyaman, karena bisa diatur sesuka hati dari maju-mundur dan juga reclining. Ditambah ada arm rest yang bikin posisi duduk tambah nyaman, lalu di captain seat sebelah kiri terdapat tray yang bisa digunakan untuk makan ataupun kegiatan lainnya.

Kenyamanan di baris kedua dan ketiga juga diberikan dari banyaknya cup holders, AC double blower, USB Port, dan juga power outlet. Sehingga, para penumpang tidak perlu takut kepanasan atau kehabisan baterai smartphone saat duduk di belakang.

7. Rem Tangan Manual

Secara keseluruhan, kelebihan Hyundai Stargazer ada pada desain yang disajikan serta fitur-fitur berkendara di dalamnya. Namun, seperti mobil lain pada umumnya, Stargazer tetap memiliki kekurangan.Salah satunya rem tangan yang disematkan masih manual, sementara mobil lain sekelasnya sudah menyematkan tombol digital.

8. Modern dan Futuristik

Jika melihat eksterior Stargazer secara keseluruhan, mobil ini terkesan modern serta futuristik. Hal ini bisa terlihat dari bagian depannya. Terdapat lampu depan yang sudah dilengkapi teknologi DRL (Daytime Running Light) di ujung depan penutup kap mesin. Lampu ini membentang dari sisi kiri hingga kanan.

Dengan dibekali teknologi tersebut, lampunya dapat memberikan pencahayaan yang terang saat malam hari ataupun cuaca berkabut tebal. Ada pula headlamp yang letaknya agak ke bawah pada bagian depan Stargazer. Jika dilihat sekilas, bentuk headlamp mobil ini seperti boomerang.
Selain itu, jika melihat bagian samping Stargazer, terlihat seperti salah satu pesaingnya, Mitsubishi New Xpander. Terdapat lekukan-lekukan yang terkesan berotot. Sunarto-Jatengdaily.com

 

Written by Jatengdaily.com

Obat Isoman Pasien COVID-19 Masih Gratis, Bisa Ambil Langsung ke Apotek

Obat Gagal Ginjal Akut di Jateng Ditujukan Langsung ke RS