in

Permudah Peningkatan KIA, Puskesmas Mranggen III Optimalkan E-Kohort

Sosialisasi E-Kohort KIA kepada kader kesehatan Puskesmas Mranggen III dalam rangka meningkatkan KIA. Foto : ist

DEMAK (Jatengdaily.com) – Aplikasi e-Kohort-KIA merupakan digitalisasi kohort pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA). Terobosan di bidang kesehatan berupa kohort KIA elektronik ini mencakup data pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, neonatus (bayi baru lahir), bayi, dan balita (anak bawah lima tahun).

Pada acara refreshing kader kesehatan, Kepala Puskesmas Mranggen III dr Haerudin menyampaikan, kohort KIA merupakan basis data yang sangat penting karena berisi informasi lengkap terkait data dasar, catatan hasil pemeriksaan, dan pelayanan kesehatan yang diberikan. Mulai dari fase kehamilan ibu, sampai si anak mencapai usia lima tahun.

“Setelah menggunakan aplikasi e-Kohort-KIA, maka keterbatasaan-keterbatasan kohort KIA manual dapat teratasi. Data kohort KIA bisa diakses di komputer atau telepon genggam di manapun tenaga kesehatan berada,” terangnya, didampingi Bidan Puskesmas Mranggen III Zualikah, AMKeb belum lama ini.

Lebih lanjut diungkapkan, melalui e-kohort KIA pencarian data bisa dilakukan lebih cepat. Cukup ketik kata kunci di aplikasi,  tidak perlu membolik-balik lembaran-lembaran kertas. Selain itu, tenaga kesehatan akan mendapatkan pemberitahuan (notifikasi) ketika ibu hamil, bayi, dan balita dampingannya memiliki tanda bahaya.

“Misalnya ketika ibu hamil perlu segera dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih mampu.  Dengan demikian, tindak lanjut bisa disegerakan,” imbuhnya.

Aplikasi e-Kohort-KIA juga menyediakan dashboard yang bisa membantu tenaga kesehatan memantau indikator-indikator pelayanan KIA. Dengan kata lain, e-Kohort-KIA dapat meningkatkan waktu respon tenaga kesehatan terhadap tanda bahaya ibu hamil, bayi, dan balita. Sehingga bisa mencegah terjadi kegawatdaruratan bahkan kematian.

Dengan dilakukannya sosialisasi E-Kohort KIA kepada seluruh kader kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Mranggen III, diharapkan mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam membantu tenaga kesehatan meningkatkan KIA. Sekaligus meminimalisir angka kematian ibu dan bayi, khusunya di wilayah Puskesmas Mranggen III.

Kegiatan sosialisasi E-Kohort berlangsung di Aula Puskesmas Mranggen III. Peserta adalah seluruh Kader Kesehatan dari tiga desa di wilayah Puskesmas Mranggen III. Turut hadir Bidan Koordinator Suwarni SSiT. rie-st

Written by Jatengdaily.com

Andri Ibo Perkuat Lini Belakang Persis Solo

Latihan Pertahanan Udara, F-16 Transit di Lanud Sam Ratulangi Manado