in

Sosialisasi Perda & Nonperda: “Kerukunan Antarumat Beragama Kunci Terwujudnya Toleransi

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah H. Sukirman, S.S, dan Abu Joharudin Bahry. Kamis, 10 November 2022 di gedung Muslimat NU, Kabupaten Pemalang. Foto:dok

PEMALANG (Jatengdaily.com) – Sosialisasi peraturan daeran dan non peraturan daerah kali ini membahas Tema “Penguatan Kerukunan antarumat Beragama dan Ormas”. Narasumber yang hadir adalah Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah H. Sukirman, S.S, dan Abu Joharudin Bahry. Acara berlangsung dua jam Kamis, 10 November 2022 dari Pukul 16.00 WIB, di gedung Muslimat NU, Kabupaten Pemalang. Acara dihadiri 100 peserta dari wilayah tersebut.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Sukirman mengatakan kerukunan antarumat beragama merupakan kunci terwujudnya toleransi dan kerukunan, baik di tingkatan lokal, nasional dan global. Menjelang tahun politik, agama rentan dimanfaatkan oknum untuk memecahbelah bangsa ini.

Dia juga mengimbau supaya organisasi masyarakat (ormas) berdampingan bekerjasama menghargai kehidupan antarumat beragama untuk menjaga kondusifitas iklim bermasyarakat. Ormas jangan memakai hoax untuk menyebarkan ajaran kebencian, tetapi menggunakan kekuatan media demi terciptanya kerukunan bersama antarumat beragama dalam kehidupan bermasyarakat.

Masyarakat menurut Sukirman juga harus cerdik menganalisa informasi yang beredar, jangan sampai terhasut dengan berita hoax yang dimanfaatkan pihak tertentu untuk mengacaukan kehidupan demokrasi. Keberagaman agama kita merupakan aset yang baik untuk menciptakan toleransi dalam kehidupan di segala sektor, baik politik, ekonomi maupun sosial. Keberagaman hendaknya dimaknai sebagai kekayaan dan potensi, bukan kendala untuk mewujudkan kehidupan yang bertoleransi.

Sementara itu narasumber lain Abu Joharudin Bahry mengatakan bahwa masyarakat Indonesia kental dengan kultur dan agama yang berbeda-beda tetapi selama ini mampu mengatasi tantangan. Ia yakin masyarakat Indonesia akan senantiasa hidup rukun, karena semua agama mengajarkan hal baik tersebut.

Apabila semua manusia menerapkan ajaran agama dengan benar, maka akan tercipta kerukunan, suasana harmonis, dan akan lebih fokus terhadap upaya mencerdaskan bangsa. Ia yakin masyakarat Indonesi masih berpegang teguh pada Pancasila sebagai dasar negara, sehingga kita akan bersatu, bergotong-royong memajukan bangsa.st

Written by Jatengdaily.com

Peringati Hari Pahlawan, Senator DPD Abdul Kholik Beri Anugerah bagi ‘Pahlawan Pandemi’

Sosialisasi Perda & Nonperda: “Mari Bersiap untuk Pemilu 2024”