in

Tingkatkan Derajat Kesehatan Siswa, Puskesmas Mranggen I Giatkan Germas Sekolah

Tim Puskesmas Mranggen I, saat memberikan penyuluhan dan pemahaman pada siswa tentang Germas Anak Sekolah . Foto ist

DEMAK (Jatengdaily.com) – Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi. Ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM), seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Sehubungan itu lah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Sebagaimana disampaikan Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Mranggen I Fakhiz Satuz Zuli di sela penyuluhan Germas Anak Sekolah di SDN Kangkung 1.

“Sebagai program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, Germas dapat dilakukan dalam bentuk edukasi hidup sehat dari seluruh aspek masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah masyarakat yang ada di lingkungan sekolah terutama murid atau peserta didik,” ujarnya, didampingi Penanggung jawab Promkes Puskesmas Mranggen I Safariyati, serta Promoter Kesehatan Puskesmas Mranggen I Muslim.

Adapun kegiatan utama Germas, lanjutnya, berupa peningkatan aktivitas fisik di samping perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, serta peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit. Selain itu peningkatan kualitas lingkungan, dan edukasi hidup sehat dari seluruh aspek masyarakat. Termasuk warga sekolah.

Sedangkan kegiatan Germas sekolah yang dilakukan Puskesmas Mranggen 1 antara lain berupa penyuluhan dengan materi germas sekolah. Bahkan tidak hanya itu, di dalam kegiatan sama ada juga aktifitas fisik berupa senam bersama, seperti peregangan dan senam. Di samping pembagian susu untuk peserta kegiatan.

Adapun sekolah-sekolah yang telah menjadi target penyuluhan Germas pada Februari dan Maret 2022 oleh Puskesmas Mranggen 1 yakni SDN 1 Kangkung, SDN 2 Kangkung, SDN 3 Mranggen, dan SDN 2 Kalitengah. Selain itu juga SD Darunnajah dan SDN 2 Sumberejo.

“Harapannya dengan diterapkan germas anak sekolah dapat meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah, serta mengurangi berbagai resiko penyakit,” pungkasnya. rie-st

Written by Jatengdaily.com

Hari Puisi, Hari Chairil Anwar

Terima SK Pembukaan Magister Manajemen, STIE SEMARANG Siap Cetak SDM Unggul Bidang Pemerintahan