in

Vaksin Yes, Prokes Jalan Terus

Tim vaksinasi Puskesmas Wonosalam I saat melayani vaksinasi pencegahan covid-19 pada masyarakat. Foto : ist

DEMAK (Jatengdaily.com) – Coronavirus adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Wabah covid-19 yang melanda Indonesia dan belahan dunia lainya belum bisa dihentikan sampai saat ini. Upaya Puskesmas Wonosalam I dalam menangani penyebaran covid-19 yaitu dengan membuka pelayanan vaksinasi.

Kepala Puskesmas Wonosalam I dr. Maria Ulfah menyampaikan, pelayanan vaksinasi setiap hari dilaksanakan di dalam dan luar gedung. Khususnya layanan vaksinasi di luar gedung, terdapat jadwal rutin, yaitu di 11 balai desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Wonosalam I.

“Dalam setiap pelaksanaan kami selalu menghimbau, petugas maupun peserta vaksin untuk tetap mematuhi prokes 5M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas,” ujarnya, Sabtu (21/5).

Seperti diketahui, vaksinasi dilakukan sebagai upaya membentuk kekebalan pada tubuh. Dengan demikian, dapat meminimalkan segala risiko yang dapat timbul akibat virus corona secara optimal. Termasuk berbagai macam komplikasi dan bahkan kematian.

Maka itu upaya edukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi intensif dilakukan Puskesmas Wonosalam I dengan melibatkan banyak elemen. Hingga kini capaian vaksinasi dosis 1 sebanyak 23.914 orang dan dosis 2 sebanyak 16.287 orang.

“Karenanya semangat pentingnya vaksinasi untuk menjauhkan diri dari covid-19 selalu kami tumbuhkan pada masyarakat. Vaksinasi yes, prokes jalan terus!” tandas dr Maria Ulfah.rie-st

Written by Jatengdaily.com

Eko Yuli Persembahkan Emas Pertama untuk Angkat Besi di SEA Games Vietnam

Kakanwil Kemenag Apresiasi Pembangunan TPQ Plus Al-Qodar Sendangmulyo