in

Bangkitkan Generasi Muda Terus Berkarya, Pusat Seni Budaya Radjawali Semarang Cultural Center Resmi Dibuka

Plt Kepala Disporapar Jateng, Sulistyo SPd MM bersama manajemen Radjawali SCC menggunting pita menandai pembukaan gedung Radjawali SCC, Senin malam. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Pusat seni budaya dengan performance hall pertama di Semarang, Radjawali SCC (Semarang Cultural Center), secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo, S.Pd., MM. Peresmian ini digelar bersamaan di bulan Hari Jadi ke-476 kota Semarang.

Peresmian gedung Radjawali SCC ditandai dengan pengguntingan pita oleh Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng dan pemukulan gong bersama General Manager Radjawali SCC, Handrijana Hardha, serta dimeriahkan dengan penampilan Indah Laras dan Andin, maupun pentas tari dari Sanggar Greget Semarang.

Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo, S.Pd., MM. mengatakan, “Pemerintah provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi segala upaya yang dilakukan berbagai pihak dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya di berbagai daerah, khususnya Radjawali SCC yang memiliki visi dan komitmen untuk mendukung pentas seni di Jawa Tengah.”

“Saya berharap Radjawali SCC tidak hanya menampilkan karya pekerja seni lokal, tetapi juga dapat mendatangkan pertunjukan berkualitas baik tingkat nasional maupun dunia agar dapat membuka wawasan pekerja seni kita tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri. Semoga kiprah Radjawali SCC bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain baik di Jawa Tengah dan wilayah lain di Indonesia dalam menumbuhkan antusiasme dan kreativitas seni anak bangsa.” ujar Gubernur.

Sementara itu General Manager Radjawali Semarang Cultural Center, Handrijana Hardha mengatakan, Radjawali SCC merupakan persembahan terbaik untuk karya seni Indonesia karena dibangun dengan rasa bangga dan cinta pada seni dan budaya Indonesia. Seluruh desain ruangan di Radjawali SCC merupakan kolaborasi seni budaya warisan nenek moyang dengan karya seni modern.

General Manager Radjawali SCC, Handrijana Hardha menyampaikan sambutan pada pembukaan Radjawali SCC, Senin malam. Foto:dok

”Desain yang digunakan terinspirasi dari tiga unsur yaitu hutan, laut dan batik sehingga memberikan suasana yang unik dan menonjolkan keberagaman seni budaya Indonesia. Walaupun dari sisi desain bangunan menggunakan unsur-unsur budaya Indonesia, fasilitas yang kami sediakan berstandar Internasional.” jelas Handrijana Hardha.

Radjawali SCC memiliki berbagai fasilitas seperti Performance Hall yang memiliki panggung ukuran 16 x 7 meter lengkap dengan LED Videotron P4 berukuran 12 x 6 meter dengan kapasitas kursi untuk 286 penonton, akustik, ruang FOH serta sound engineering, color changing lighting, dan operator multimedia.

Ruangan performance hall ini biasanya digunakan untuk pertunjukan seni seperti konser musik, pagelaran teater, tari, fashion show, pemutaran film, seminar/workshop, konferensi, peluncuran produk, acara penghargaan, hingga gathering perusahaan.

Ruang lainnya yaitu Multifunction Hall seluas 400m2 yang bisa digunakan untuk pameran, pertunjukan seni, atau kegiatan pribadi/komersial lainnya. Sementara Outdoor Plaza bisa digunakan oleh masyarakat secara gratis untuk pagelaran outdoor, sarana olahraga, berkumpul komunitas dan sebagainya. Fasilitas kami juga memiliki akses khusus untuk penyandang disabilitas. Dengan fasilitas lengkap seperti ini, sebuah gedung kesenian sudah bisa menyelenggarakan pertunjukan seni kelas dunia.

Owner Sanggar Greget Semarang, Yoyok Bambang Priyambodo mengatakan, sebagai pelaku seni, pihaknya sangat antusias dengan kehadiran gedung ini. Kami juga bersyukur Radjawali SCC sudah dua kali memberikan kesempatan kepada Sanggar Greget Semarang untuk dapat menampilkan karya baik di Performance Hall dan Outdoor Plaza.

”Bagi kami, fitur dan teknologi yang dimiliki gedung Radjawali SCC sangat mendukung untuk performa pertunjukan. Tidak hanya itu, area backstage untuk para pengisi acara juga sangat mumpuni dan membuat kami nyaman selama menunggu waktu untuk tampil. Lokasi gedung Radjawali SCC juga sangat strategis, tepat berada di pusat Kota Semarang sehingga memudahkan penonton. Kami berharap kehadiran Radjawali SCC bisa membuat para pelaku seni semakin bersemangat untuk memamerkan karya-karyanya melalui gedung ini.” ujar Yoyok.

“Kami berharap, kehadiran Radjawali SCC dapat membangkitkan kegairahan masyarakat, khususnya generasi muda di Semarang untuk terus berkarya dengan tetap melestarikan budaya Indonesia serta bangga menjadi bangsa Indonesia. Untuk itu, Radjawali SCC telah siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Kami berharap, semua karya bisa terbang tinggi bagaikan Radjawali,” tutur Handrijana. St

 

Written by Jatengdaily.com

Ini Tiga Kereta Api Baru di Wilayah Daop 4 Semarang Yang Beroperasi Mulai 1 Juni 2023

PT Semen Padang dan Kementerian KKP Berkolaborasi Atasi Sampah Laut Melalui Program Nabuang Sarok