in

Borobudur Marathon 2023 Bakal Meriah, Siap Menyapa 10 Kota di Indonesia

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Dirut Bank Jateng Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, Wakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo menarik tuas saat meluncurkan Borobudur Marathon 2023 di depan Pintu 3 kawasan Taman Candi Borobudur.Foto:dok

MAGELANG (Jatengdaily.com) – Event lari tahunan Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng kembali akan bergulir 19 November 2023 yang akan datang di Kabupaten Magelang, dan akan menyapa 10 kota di Indonesia. Borobudur Marathon (BorMar) yang mengusung tema ‘’Voice of Unity’’ tahun ini menggelar nomor marathon, half marathon, dan 10 K. Lomba inj ditarget diikuti 10.000 pelari dengan melibatkan runner nasional dan internasional.

Peluncuran BorMar 2023 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di depan Pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Jalan Medang Kamulan, pada Sabtu malam (18/3) berlangsung meriah. Warga tumpah ruah menyaksikan parade tumpeng dan kesenian lokal, serta komunitas lari yang mewarnai peluncuran dalam kemasan Borobudur Marathon Menyapa.

Ganjar mengatakan, event BorMar 2023 bukan hanya memulihkan kembali ekonomi melalui UMKM dan keterisian homestay di Kabupaten Magelang, namun tema ‘’Voice of Unity’’ diharapkan menyuarakan semangat persatuan di tengah masyarakat Indonesia. Ini juga selaras dengan pesan yang diangkat yaitu ‘’Nyalakan Magelang, Nyalakan Semangat Indonesia’’.

‘’Kita harapkan tema ini memberikan spirit bagi bangsa Indonesia untuk bersatu menghadapi situasi apapun,’’ tandasnya.

Hadir dalam Borobudur Marathon Menyapa, di antaranya istri gubernur Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno bersama jajaran direksi, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Kabid Keolahragaan Disporapar Jateng Aria Chandra Destianto, dan Pelaksana Tugas Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein.

Ganjar juga berharap agar sosialisasi BorMar bisa dimaksimalkan, agar masyarakat Magelang benar-benar mengetahui dan merasa memiliki kebanggaan atas lomba lari tersebut. Rasa memiliki dan bangga itu penting agar BorMar sebagai bentuk sport tourism (pariwisata olahraga) mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

‘’Kedatangan 10.000 pelari, maka banyak sekali tamu yang akan hadir di sekitar Borobudur. Tentu masyarakat kita minta untuk bisa membantu menyambut. Yang punya bisnis UMKM, nanti kita akan tampilkan. Homestay pasti akan penuh,” beber Ganjar.

Sosialisasi 10 Kota

Guna menyosialisasikan BorMar akan diselenggarakan lari bersama yang bertajuk Bank Jateng Friendship Run. Sebanyak 10 kota menjadi lokasi mengenalkan BorMar, meliputi Semarang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun 2022 lalu yang hanya menggelar di empat kota.

“Kita akan promo lomba lari ini ke 10 titik di Indonesia, karena antusiasme masyarakat dari luar Jawa Tengah luar biasa. Saya yakin, begitu pendaftaran peserta melalui ball-out dibuka, tak kurang satu jam bisa penuh,’’ kata Ganjar optimistis.

Supriyatno menjelaskan, rangkaian acara Borobudur Marathon juga bakal diisi dengan kegiatan Bank Jateng Pawone di 10 kota guna mempromosikan produk-produk UMKM. Kegiatan tersebut untuk mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi lebih optimal.

Sementara itu, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An menyebut, pihaknya memang menginginkan agar peluncuran BorMar berlangsung meriah dengan mengedepankan kearifan lokal. Pihaknya mengadakan lomba serta parade tumpeng dengan peserta desa-desa se-Kabupaten Magelang, kemudian, parade kesenian yang dilakukan ratusan siswa SD, SMP, hingga SMA dari sekolah-sekolah yang dilewati pelari saat BorMar.

Peserta parade dan lomba tumpeng, di antaranya dari Desa Rambeanak, Ringinanom, Pasuruhan, Sidoagung, Tempurejo, Bumiharjo, sedangkan parade kesenian MTSN 1 Magelang, SMPN 2 Mungkid, SDN Tuksongo 1, dan SMK Ma’arif Kota Mungkid. Dari komunitas lari hadir Magelang Runners, Muntirun, dan Puma Atletik. St

Written by Jatengdaily.com

Segera Daftar, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Jalur Laut, Ini Syaratnya

Pemanfaatan Sejumlah Platform Digital dalam Merdeka Belajar Butuh Kolaborasi Semua Pihak