in

Pengumuman Hasil Penelitian Syarat Administrasi Balon Kades, Kenduren Lakukan Perpanjangan Pendaftaran

Taufik Rifai

DEMAK – Setelah melalui tahapan penelitian berkas syarat administrasi bakal calon kepala desa (balon kades) terkait keabsahannya, Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat desa wajib mengumumkannya kepada masyarakat pad tanggal 3-5 Juli. Jika jumlah balon kades kurang dari dua orang, maka wajib ada perpanjangan pendaftaran. Namun jika balon kades lebih dari lima, tahapan berikutnya adalah menyiapkan ujian penyaringan.

Kepala Dinpermasdes P2KB Kabupaten Demak H Taufik Rifai menyampaikan, sesuai jadwal tahapan pada Keputusan Bupati Demak Nomor 141.1/135 tahun 2023 tentang Penetapan Desa Penyelenggara Pilkades Secara Serentak tahun 2023, masa perpanjangan pendaftaran pada 6-25 Juli. “Sementara jika jumlah balon yang lolos administrasi lebih dari lima orang, wajib ada ujian penyaringan dengan menggandeng perguruan tinggi untuk pelaksanaannya. Itu dijadwalkan pada 22-30 Agustus,” ujarnya, didampingi Subkoord Aparatur dan Kelembagaan Desa Yusuf Arifin, Rabu (5/7).

Setelah itu, hasilnya diumumkan oleh Panitia Pilkades tingkat desa di tempat terbuka keesokan harinya selama dua hari (30-31 Agustus). Dengan urutan rangking sesuai hasil nilai tertinggi.

Sejauh ini, tidak ada balon kades yang jumlahnya lebih dari lima orang. “Walau demikian ada desa yang melakukan perpanjangan pendaftaran karena empat balon kadesnya dinilai panitia pilkades tingkat desa tidak memenuhi syarat (TMS) karena kurang lengkap persyaratan administrasinya. Yaitu Desa Kenduren Wedung,” kata Yusuf Arifin.

Maka sesuai tahapan, desa tersebut melakukan perpanjangan pendaftaran pada 6-25 Juli. Lanjut dengan konfirmasi penelitian kelengkapan dan keabsahan berkas administrasi balon kades pada 26 Juli – 3 Agustus 2023. Kemudian diumumkan hasilnya pada 4-6 Agustus 2023 pada publik untuk mendapatkan masukan masyarakat.

“Setelah diumumkan, panitia pilkades wajib melakukan tindak lanjut ketika ada masukan dari masyarakat. Itu dilakukan pada 7-18 Agustus,” tuturnya.

Oleh karena tidak ada ujian penyaringan, sehingga tahapan bisa langsung ke penetapan balon kades menjadi calon kades pada 4-6 September. Lanjut dengan penentuan nomor urut dan tanda gambar calon kades.

“Dirangkai dengan penyampaian visi misi secara tertulis para calon kades yang berhak dipilih. Serta penyampaian mandat saksi TPS dan saksi cadangan dari masing-masing calon kades,” imbuhnya.

Tahap selanjutnya adalah pengumuman Calon Kades yang berhak dipilih oleh Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Demak pada 7-13 September. Pengumuman bisa melalui media massa atau papan-papan pengumuman.

Sambil menunggu hari H pemungutan suara pada 8 Oktober 2023, Panitia Pilkades tingkat desa bisa melakukan penyusunan daftar pemilih. Hingga penetapannya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Lanjut penyiapan TPS, masa kampanye, hingga masa tenang yang dijadwalkan tiga hari sebelum hari H pungutan suara. rie-she 

Written by Jatengdaily.com

Perkuat Bonding Anak, Atikoh Ganjar Gencarkan Gerakan Makan Bersama Keluarga

Gandeng Kemenag, BNPT Siapkan Langkah Mitigasi Polemik Ponpes Al Zaytun