in ,

Sekolah Vokasi Undip Pakai Standar Objektif Seleksi Calon Mahasiswa Jalur Prestasi

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) memakai standar objektif dalam menyeleksi para calon mahasiswa yang masuk melalui jalur prestasi program Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) tahun 2023. Adapun prestasi yang dimaksud adalah prestasi akademik dan prestasi non-akademik yang disebut juga prestasi lain. Demikian dinyatakan Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi, Rabu (12/4/2023).

“Ada mekanisme dalam proses seleksi yang kami lakukan. Standarnya jelas dengan tingkat objektivitas yang bisa dipertanggung jawabkan dalam pengukuran prestasi, baik itu prestasi akademik maupun prestasi lain seperti olahraga, kesenian dan kompetisi-kompetisi yang ada,” ujar Prof Budiyono.

Menurut dia, panitia seleksi memiliki patokan untuk memberi bobot dari tiap prestasi yang dimiliki para calon mahasiswa. Setiap prestasi, baik akademik maupun non-akademik (prestasi lain) setidaknya bisa dilihat dari jenjang atau tingkatan. Bobot yang diberikan untuk prestasi tingkat lokal, tentu berbeda dengan yang regional, nasional dan internasional.

Sekolah Vokasi Undip memastikan proses seleksi dilakukan secara adil, dan betul-betul mempertimbangkan potensi yang diharapkan bisa saling mendukung. “Prosesnya kami pastikan fair. Itu amanah yang harus kita jaga bersama,” dia menambahkan.

Ada 11 program studi (Prodi) vokasi yang ditawarkan Undip, yaitu Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi, Prodi Rekayasa Perancangan Mekanik, Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan, Prodi Teknik Listrik Industri, Prodi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan, Prodi Akuntansi Perpajakan, Prodi Manajemen dan Administrasi Logistik, serta Prodi Informasi dan Humas.

Semua program studi di sekolah vokasi terbuka bagi calon mahasiswa yang mengikuti jalur PSSB yang dibuka secara online mulai 16 Maret sampai 17 April 2023. PSSB Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Sekolah Vokasi Undip terbuka untuk siswa lulusan tahun 2022 maupun yang akan lulus pada tahun 2023.

Program ini terbuka bagi siswa Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) dengan tahun lulus menyesuaikan jalur pendaftaran. Adapun biaya pendaftaran Rp 250 ribu, dan pembayaran bisa dilakukan melalui teller bank, ATM maupun mobile banking di Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BSI dan Bank Jateng.

Untuk informasi lebih lengkap, pimpinan Sekolah Vokasi Undip menyarankan untuk mengaksees langsung di laman https://pmb.undip.ac.id/. “Semua proses sebagian besar dilakukan secara online. Ada yang bersifat fisik seperti penyerahan berkas, tapi itu bisa dilakukan dengan sistem pengiriman pos,” tukas Prof Budiyono. she 

Written by Jatengdaily.com

Nasdem Lirik Mahfud MD Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan

KAI Daop 4 Ingatkan Kembali Aturan Bagasi Penumpang Saat Mudik dan Balik Lebaran