in

Tanoto Foundation Dampingi Kepsek Berinovasi dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Training Specialist Tanoto Foundation Sasmoyo Hermawan (tengah), Kasi Subkor Kurikulum SD Dinas Pendikan Kota Semarang Agus Sutrisno dan Kepala SDN Sendangmulyo 02, Darsimah. Foto: siti

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Tanoto Foundation membantu kepala sekolah (kepsek) dalam pelatihan inovator pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai tahapan capaian belajar peserta didik.

Diantaranya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Projek Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Projek Perpustakaan Hibrida agar kepala sekolah lebih fokus dalam pengembangan sekolahnya.

”Kami mendorong kepala sekolah agar bisa mengembangkan sekolahnya dengan berinovasi dalam pengajaran,” jelas Training Specialist Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan, Senin (23/10/2023).

Di Kota Semarang, salah satu sekolah yang mendapatkan pendampingan tersebut adalah SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Kepala SDN Sendangmulyo 02, Darsimah SPD MPd mengatakan, sekolahnya sangat bersyukur atas pendampingan dari Tanoto Foundation. ”Kami mengambil tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” jelasnya.

Menurutnya, adapun program P5 tersebut adalah pelatihan bagi guru yang meliputi pengembangan bahan ajar dan metodologi pengajaran untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi anak didik. Ada juga pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong pengembangan karakter Pancasila pada anak didik.

Selain itu, integrasi Pancasila dalam kurikulum dan pendampingan sosial emosional siswa dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Termasuk di dalamnya, upaya pencegahan perundungan di antara siswa.

Sementara itu, Kasi Subkor Kurikulum SD Dinas Pendikan Kota Semarang Agus Sutrisno SPd MPd mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas pendampingan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation untuk sekolah di Kota Semarang yang terpilih mendapatkan pendampingan tersebut.

”Dimana untuk tahun 2023 ini adalah program yang berkaitan dengan mendorong kepala sekolah inovator. Jadi, pelatihan tersebut bisa mewadai kurikulum kepala sekolah untuk mendesain sebuah program untuk sekolahnya. Seperti salah satunya dilakukan oleh SDN Sendangmulyo 02 Semarang tersebut,” jelasnya. she

Written by Jatengdaily.com

Ubinus akan Gelar Webinar Kebudayaan

Sedang Dibangun, Mall 23Semarang Ikon Wisata dan Belanja Baru di Kota Semarang