in

UKM PIB USM Road Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa Universitas Semarang (UKM PIB USM) mengadakan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema ''Sosialisasi Tindak Pidana Anak Berasaskan Pancasila'' di SMA Negeri 2 Semarang, pada Rabu, 5 April 2023. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa Universitas Semarang (UKM PIB USM) mengadakan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema ”Sosialisasi Tindak Pidana Anak Berasaskan Pancasila” di SMA Negeri 2 Semarang, pada 5 April 2023.

Ketua Panitia, Fani Kusumawati mengatakan, profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila.

Penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.

”Kegiatan penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila,” katanya.

Menurutnya, sekolah ramah anak saat ini sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan menyenangkan bagi anak sekolah. Penerapan sekolah ramah anak sebagai wujud implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, tidak hanya mengandalkan peran dari pihak guru dan sekolah saja, melainkan juga dari siswa, orang tua, serta masyarakat.

”Dengan diadakannya kegiatan tersebut, siswa diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong. Dukungan orang tua dan wali sangat diharapkan untuk pelaksanaan Road to Show Penguatan Profil Pelajar Pancasila di masa mendatang. Kegiatan ini sama halnya dengan program pemerintah kampus mengajar bagi para mahasiswa,” ungkapnya.St

Written by Jatengdaily.com

SIG Bagikan 1.535 Paket Sembako Ramadan Warga Enam Desa di Kabupaten Gresik

Banjir Bandang di Sumbawa Hanyutkan Belasan Rumah