in

10 Terduga Teroris Yang Diamankan di Solo Raya Termasuk Jaringan JI

ILustrasi Penangkapan teroris. Foto: Polri

SOLO (Jatengdaily.com)- Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap 10 terduga teroris di Solo Raya, termasuk seorang yang pernah menjabat sebagai Ketua RT.

Kabagops Densus 88, Kombes Aswin Siregar, menyatakan tim masih bekerja intensif di lapangan untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Saat ini penyidik Densus 88 masih bekerja secara intensif. Info selengkapnya akan kami update melalui Humas Polri ya,” kata Aswin dilansir dari Infopublik, Sabtu (27/1/2024).

Diketahui salah satu dari 10 teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Solo Raya merupakan warga RT 06 /RW 03, Kampung Kenteng, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Petugas keamanan kampung setempat Suprapto (59), mengaku kaget dengan penangkapan itu.

“Saya sebagai petugas keamanan kampung juga kaget. Selama ini orangnya terbuka dan menjabat ketua RT setempat,” ujar dia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, 10 orang terduga teroris yang ditangkap di wilayah Jawa Tengah (Jateng) merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

10 orang terduga teroris yang diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri yakni, berinisial S alias M, M alias R, T alias A, P alias K, N alias A, T alias J, E alias W, N, SU dan MU.

Menurut dia, 10 terduga teroris tersebut merupakan kelompok JI yang tergabung dalam Qodimah wilayah timur struktur JI.

Ia menyatakan bahwa seluruhnya memiliki fungsi pendukung operasional kelompok JI, mulai dari memfasilitasi kegiatan, menyembunyikan DPO/pelarian hingga pencarian dana, logistik berupa senjata api dan senjata tajam hingga aspek pegembangan personel (kapasitas dan keahlian).

Penyidik pun masih mendalami peran dan keterlibatan masing-masing tersangka.

“Saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap barang bukti, melakukan koordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, meminta keterangan ahli terhadap barang bukti yang disita dan melakukan penahanan terhadap tersangka,” jelas dia. she 

Written by Jatengdaily.com

Ganjar Sapa Puluhan Ribu Pendukungnya Dalam Pesta Rakyat Ganjar Mahfud #28 di Kabupaten Semarang

Serang Fasilitas PBB, Indonesia Kutuk Israel