in

37 Tahun Berdiri, Rektor USM : Kontribusi USM Nyata Ikut Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Rektor Universitas Semarang (USM), Dr. Supari, S.T.,M.T., saat menghadiri kegiatan jalan sehat dalam rangkaian Dies Natalis Ke-37 USM yang mengusung tema ''Maju Bersama USM, Hadapi Tantangan Krisis Global'' di Gelora USM pada Minggu (23/6/2024).Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – ”Selama 37 tahun USM berdiri, tercatat ada 49.800 alumni yang sudah menyebar ke masyarakat untuk bekerja di semua bidang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan ada menciptakan lapangan kerja. USM mempunyai program jadilah pengusaha sejak mahasiswa. Saya berpendapat kontribusi USM itu sangat nyata untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Hal itu diungkapan Rektor Universitas Semarang (USM), Dr. Supari, S.T.,M.T., saat menghadiri kegiatan jalan sehat dalam rangkaian Dies Natalis Ke-37 USM yang mengusung tema ”Maju Bersama USM, Hadapi Tantangan Krisis Global” di Gelora USM pada Minggu (23/6/2024).

Kegiatan yang diikuti civitas akademika USM itu dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Kesi Widjajanti S.E., M.M., Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Anggota Pengawas Yayasan Alumni Undip Prof.Dr.Ir. V. Priyo Bintoro, M.Agr, Ketua Senat USM, Prof.Dr.Hardani Widhiastuti,M.M.,Psikolog, Wakil Rektor II USM Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MM dan Sekretaris Universitas Dr. Abdul Karim, S.E., M.Si. Ak, CA.

Supari menjelaskan, USM didirikan sejak 1987 oleh tokoh-tokoh nasional yaitu pimpinan Universitas Diponegoro (Undip) dan alumni Undip. Berawal dari keprihatinan pimpinan Undip terkait banyaknya generasi muda yang tidak dapat melanjutkan kuliah pada masa itu.

”Kita tahu negara-negara maju, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan tinggi itu diatas 80%, dan kita masih jauh dari itu. Oleh karena itu, tujuan utama kebaradaan USM turut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Mari kita bersama-sama untuk meningkatkan level kita, USM bareng masyarakat membangun negeri. Dengan HATI, USM berinovasi membangun negeri,” katanya.

Ke depan, katanya, salah satu perguruan tinggi swasta dengan mahasiswa terbanyak di Jawa Tengah itu, akan mendukung tujuan-tujuan nasional dari pemerintah termasuk meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi.

”USM juga akan terus membangun dan meningkatkan kualitas. Pada tahun ini usm juga memenuhi syarat untuk mengajukan sebagai perguruan tinggi yang unggul. Mohon doanya semoga USM segera unggul. Ini sudah ada prodi-prodi yang unggul dan prodi lain sudah support untuk memenuhi syarat USM mengajukan perguruan tinggi yang unggul,” tandasnya.

Sementara itu, kegiatan jalan sehat berlangsung meriah dengan puluhan doorprize menarik bagi peserta.St

Written by Jatengdaily.com

Mbak Ita Galakkan Penggunaan Transportasi Ramah Lingkungan

Rapat Kerja, LKK NU Kabupaten Demak Serap Persoalan Keluarga di Masyarakat