in

Alken Ardova, Mahasiswa FSM Undip Berprestasi dan Inspiratif

Alken Ardova. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Raihan prestasi gemilang baik di kancah nasional maupun internasional, Alken Ardova Abderahman mahasiswa Angkatan 2020 pada Departemen Matematika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip patut diacungin jempol. Hanya dalam kurun waktu 2 bulan sudah mengantongi beberapa kejuaraan.

Terbukti pada 22 – 24 Mei 2024, Alken berhasil menjuarai peringkat pertama pada Business Idea Competition yang diselenggarakan oleh FIFGROUP Young Leader. Lomba yang diikutinya yakni menyusun gagasan, strategi dan inovasi bisnis terhadap permasalahan bisnis yang ada di perusahaan FIFGROUP.

Sebelumnya ia sempat masuk Top 3 Fully Funded Delegates pada Youth Leaders Exchange and Conference chapter Malaysia & Singapore yang diadakan oleh Gold Nation, PT. Konsultan Pendidikan Internasional tanggal 22 – 26 April 2024. Pada kesempatan ini, Alken sebagai delegasi pemuda terpilih dari Indonesia untuk belajar, berdiskusi, menambah wawasan dan pengetahuan mengenai isu global seperti pendidikan, ekonomi, lingkungan, sosial, dan lainnya selama 5 hari di Malaysia & Singapore.

Bahkan 5 April 2024 lalu, Alken turut berpartisipasi juga pada Video Youth Competition oleh CSR FIFGROUP. Video Youth Competition merupakan sejenis lomba video kreatif tingkat nasional yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap isu lingkungan hidup di Indonesia.

“Kuliah bukan hanya tentang IPK, melainkan juga tentang motivasi untuk meningkatkan kapasitas diri dari segi wawasan, pengetahuan, pengalaman, relasi dan juga skill,” ujar Alken yang masuk Undip jalur SNMPTN. Menurutnya sangat disayangkan apabila mahasiswa hanya fokus ke nilai IPK sedangkan banyak kesempatan diluar sana yang bisa membantu meningkatkan softskill dan hardskill yang dibutuhkan untuk bekal masa depan. “Nilai yang paling penting itu yaitu nilai kita sebagai seorang mahasiswa yang unggul dan mampu bersaing secara global,” imbuhnya.

Alken termasuk mahasiswa aktif di bidang akademik, terbukti dirinya terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi di bidang Akademik dan Sosial yang diakui oleh Himpunan Mahasiswa Matematika UNDIP. Ia pun dipercaya oleh dosen untuk menjadi seorang Asisten Dosen dengan mengajar total kurang lebih 300 mahasiswa.

Tidak hanya bidang akademik tetapi dirinya juga aktif di bidang non-akademik. “Saya memiliki beberapa pengalaman di bidang non-akademik setidaknya ada 8 organisasi, 7 pengalaman profesional, 5 beasiswa nasional dan beberapa kegiatan volunteer, lomba, dan sebagainya. Saya juga sering mengisi sesi menjadi narasumber atau pembicara di berbagai event dengan total sebanyak 45 event,” jelas Alken.

Saat ini Alken telah diterima kerja sebagai Management Trainee di PT Nutrifood Indonesia sejak Oktober 2023. Sehingga dirinya memfokuskan penyelesaian Tugas Akhir agar target lulus di bulan Juni 2024 tercapai dan ia jadi lebih maksimal bekerja. Alken juga menyebutkan kesibukan lain yang sedang dijalaninya yakni membangun 2 platform yang dimiliki bernama @msib.clinic & @pakgurualken.

“Undip menjadi wadah yang tepat bagi saya untuk membantu menemukan potensi yang ada di dalam diri saya,” ucap Alken. UNDIP mendukung mahasiswanya untuk bisa aktif baik di kegiatan akademik maupun non-akademik dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar terus mengembangkan kapasitas diri. “Semoga kedepannya, UNDIP dapat terus berkompetisi dan bersaing agar menjadi Top 1 pilihan PTN terbaik di Indonesia,” harapnya. she

Written by Jatengdaily.com

Tim PkM USM Beri Pelatihan Penggunaan Website Framework Laravel

Bima Eka Sakti, Cawabup Kabupaten Tegal yang Maju Jalur Independen Ini Janji Mampu Bawa Perubahan