in

Bingung Mau Kuliah Dimana, Berikut 10 PTS Terbaik Yang Direkomendasikan

Ilustrasi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Bagi sebagian orang memilih tempat kuliah bisa jadi bukan perkara mudah. Karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan secara matang misalnya saja pilihan program studi, level akreditasi, besaran biaya kuliah, hingga brand perguruan tinggi. Di era yang semakin modern ini banyak parameter lain yang bisa juga dipertimbangkan misalnya saja aspek perankingan universitas di level regional, nasional, maupun internasional.

Mengapa faktor perankingan itu penting? Karena perankingan yang dibuat oleh lembaga lembaga perankingan yang kredibel dapat memotret sejauh mana kwalitas sebuah perguruan tinggi.

Salah satu lembaga perankingan perguruan tinggi yang paling kredibel dan paling diakui di seluruh dunia adalah Webometrics. Pasalnya terdapat tiga indikator yang digunakan Webometrics untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi. Ketiga indikator tersebut berdasarkan data di internet yaitu visibility (impact), kemudian transparency (opennes) dan excellence (scholar).

Visibility lebih mengukur pada Impact konten website. Seberapa banyak informasi yang diakses oleh user. Indikator Opennes berkaitan dengan jumlah sitasi dari top 210 author. Sedangkan Excellence berkaitan dengan jumlah paper yang berada di top 10% tersitasi pada masing-masing bidang ilmu yang ada di Scimago.

Setiap tahunnya Webometrics merilis dua kali perankingan perguruan tinggi yakni pada bulan Januari dan bulan Juli. Dalam rilis terbaru Webometrics di bulan Januari 2024 banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari Indonesia yang berhasil masuk dalam perankingan tersebut.

Misalnya saja Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) dari Kota Semarang. Unissula berhasil masuk 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Capaian tersebut merupakan bentuk komitmen kampus yang berdiri 2o Mei 1962 tersebut dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga prestasinya bisa terus menanjak.

Hal itu bisa dijadikan pertimbangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang sedang ingin memilih tempat kuliah. Unissula yang beralamat di Jalan Kaligawe KM 4 Semarang tersebut saat ini sudah terakreditasi intitusi unggul dan 84% Program Studinya juga terkreditasi unggul sehingga kwalitasnya teruji dan banyak diminati calon mahasiswa baru.

Sebagai salah satu buktinya pada tahun 2023 lalu jumlah mahasiswa baru Unissula merupakan yang terbanyak diantara semua perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 7.346. Untuk informasi pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2024 bisa di buka di website pmb.unissula.ac.id. Pendaftarannya sudah dibuka mulai bulan Oktober 2023 hingga Agustus 2024.

Berikut daftar 10 kampus terbaik swasta di Indonesia versi Webometrics 2024 yang bisa dijadikan sebagai referensi kuliah.

1. Telkom University
Peringkat dunia: 1225
Peringkat Indonesia: 11

2. Universitas Bina Nusantara (Binus University)
Peringkat dunia: 1528
Peringkat Indonesia: 13

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Peringkat dunia: 1873
Peringkat Indonesia: 18

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Peringkat dunia: 2266
Peringkat Indonesia: 22

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Peringkat dunia: 2669
Peringkat Indonesia: 28

6. Universitas Gunadarma Jakarta
Peringkat dunia: 3061
Peringkat Indonesia: 34

7. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Peringkat dunia: 3068
Peringkat Indonesia: 35

8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta
Peringkat dunia: 3140
Peringkat Indonesia: 36

9. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang
Peringkat dunia: 3482
Peringkat Indonesia: 41

10. Universitas Mercu Buana
Peringkat dunia: 3529
Peringkat Indonesia: 43. she

Written by Jatengdaily.com

Sidang MK Selesai, Pelantikan Presiden dan Wakil Terpilih Dijadwalkan 20 Oktober 2024

Lulus Doktoral Predikat Summa Cumlaude, Mbak Ita akan Ikut Prosesi Wisuda ke-174 Undip