in

Dua Hari Digelar Maraton, Rapat Pleno Terbuka KPU Demak Tetapkan Paslon 02 Ungguli PPWP

PPK Karanganyar saat menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu yang digelar dua kali, yakni 14 Februari dan 24 Februari pasca-bencana banjir. Foto : sari jati

DEMAK (Jatengdaily.com) – Rapat Pleno Terbuka Rekapitalisasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 sukses dilkasanakan KPU Kabupaten Demak. Setelah digelar marathon selama dua hari, 3-4 Maret 2024, pada Selasa (05/03/2024) dini hari pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden RI nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dengan perolehan suara terbanyak yakni 450.646.

Disusul pada posisi kedua yakni Paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 228.742 . Sedangkan paslon nomor urut 01 yakni Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar tercatat memperoleh 69.779 suara.

Ketua KPU Kabupaten Demak Siti Ulfaati menjelaskan, selama dua hari nonstop rapat pleno dihadiri 70 PPK dari 14 kecamatan berserta jajaran sekretariat KPU. Di samping para saksi peserta Pemilu, juga lima komisioner Bawaslu Kabupaten Demak.

Sebagaimana tujuan rapat pleno rekapitulasi, maka selama proses penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dalam D-hasil oleh PPK itu terdapat beberapa koreksi oleh pihak Bawaslu maupun saksi.

“Di antara koreksi-korekai tersebut terkait kesalahan input data, namun tidak sampai merubah hasil perolehan suara. Sehingga bermuara kesepakatan, yang kemudian dituangkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor 803/2024,” ujarnya, didampingi empat komisioner KPU Kabupaten Demak.

Terkait tingkat pertisipasi masyarakat di Kota Wali, terpantau cukup tinggi. Pada pesta demokrasi lima tahunan yang baru pertama kali ini diadakan serentak angka kehadiran masyarakat di TPS disebutkan sebesar 86,10 persen. Tingginya angka partisipasi masyarakat tersebut menurut Ulfaati berkat dukungan emua pihak, baik pemerintah daerah, parpol peserta pemilu, termasuk juga awak media yang membantu sosialisasi tahapan pemilu.

Sementara lima parpol dengan perolehan suara tertinggi secara berurutan yakni PKB sebanyak 168.701. Lanjut pada peringkat kedua yakni PDIP dengan 162.788 suara Kemudian Partai Golkar pada posisi ketiga dengan 98.373 suara. Serta Partai Gerindra dengan 97.250 suara, dan Partai Nasdem dengan 49.297 suara. rie-st

 

Written by Jatengdaily.com

Jelang Ramadhan, Kestabilan Kamtibmas dan Kelancaran Distribusi Bahan Pokok di Jateng Dijamin Aman

Cerita Belanja: Cermin Kesejahteraan Kabupaten Tegal dalam Perspektif Konsumsi