in

Gandeng BPBD, Mahasiswa KKN USM Aktifkan Forum KSB di Wonotingal

Mahasiswa KKN Tematik 2 Universitas Semarang (USM) berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Mahasiswa KKN Tematik 2 Universitas Semarang (USM) berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mengaktifkan Forum Kesiapsiagaan Bencana (KSB) di Kelurahan Wonotingal.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan terhadap bencana dan membangun kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

Forum KSB merupakan wadah bagi masyarakat untuk berkoordinasi dan bekerja sama dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan bencana. Forum ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan ketahanan diri dan mengurangi risiko dampak bencana.

Acara pengaktifan Forum KSB di Kelurahan Wonotingal diawali dengan pelatihan tentang siaga bencana tanah longsor yang berpotensi terjadi di wilayah tersebut, serta simulasi langkah-langkah yang perlu diambil saat mengevaakuasi korban terdampak. Simulasi ini bertujuan untuk melatih masyarakat dalam bekerja sama dan mengambil tindakan yang tepat saat terjadi bencana yang disampaikan langsung oleh tim dari BPBD Kota Semarang.

“Kami berharap dengan diaktifkannya Forum KSB ini, masyarakat Wonotingal dapat lebih siap dalam menghadapi bencana alam,” ujar Erlangga Kukuh Geriansyah, ketua kelompok KKN Tematik 2 USM di Kelurahan Wonotingal, dalam keterangannya Kamis 11 Juli 2024.

“BPBD Kota Semarang selalu siap membantu masyarakat dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan bencana,” ujarAgfirian dari BPBD Kota Semarang.

Acara pengaktifan Forum KSB ini dihadiri oleh perwakilan dari BPBD Kota Semarang, lurah Wonotingal, anggota LPMK, ketua RW, ketua RT, mahasiswa KKN Tematik 2 USM Semarang, dan masyarakat kelurahan Wonotingal. St

Written by Jatengdaily.com

Wali Band Memukau Pengunjung Jakarta Fair 2024, Apoy Memamerkan Keahlian Bermain Gitar

Mantan Bupati Demak HM Natsir Tutup Usia