in

Himada Unissula Gelar Safari Ramadhan di LPQ Miftahul Falah Bandarharjo Semarang

Himada Unissula Semarang melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Himada Unissula Semarang (Himpunan Mahasiswa Kebidanan Universitas Sultan Agung Semarang) melaksanakan kegiatan “Safari Ramadhan: Buka Bersama dan Penyuluhan Kesehatan di LPQ Miftahul Falah Bandarharjo Semarang”, Rabu (3/4/2024).

Seperti yang kita tahu, berbagi adalah memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada individu atau masyarakat. Pada bulan Ramadhan ini, setiap insan berlomba-lomba untuk beramal dan berbagi kebahagiaan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah Hadist: Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda, مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا Artinya: “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Dalam rilisnya, Humas Unissula Nurkholis mengatakan, acara tersebut diisi dengan acara buka bersama dan pemberian materi penyuluhan kesehatan ke anak-anak dan pengurus LPQ Miftahul Falah Bandarhardjo Semarang.

Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh 80 partisipan yang terdiri dari anak-anak dengan rata-rata rentang usia 3-10 tahun dan pengurus LPQ Miftahul Falah Bandarhardjo Semarang. Sembari menunggu waktu berbuka puasa, panitia memberikan penyuluhan kesehatan melalui media power point, video youtube animasi edukasi, dan mendemonstrasikan materi penyuluhan kesehatan secara langsung dengan dipandu oleh panitia. Ada pula materi yang diberikan berupa cara mencuci tangan yang benar, kebersihan gigi dan mulut, perawatan kulit, hingga kebersihan kuku tangan dan kaki.

Untuk mengetahui pengetahuan anak-anak terkait materi yang diberikan, panitia melakukan evaluasi dengan mengajak anak-anak aktif tampil maju kedepan untuk mendemonstrasikan ulang materi penyuluhan kesehatan. Ada pula reward atau hadiah yang diberikan kepada anak-anak yang berani tampil dan dapat mendemonstrasikan ulang materi yang diberikan, seperti materi mendemonstrasikan ‘bagaimana cara mencuci tangan yang benar’.

Setelah dilakukan acara penyuluhan kesehatan, kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama seluruh panitia, anak-anak LPQ Miftahul Falah, serta pengurus LPQ Miftahul Falah Bandarhardjo Semarang.

Semua kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk mempererat tali silaturahmi, meningkatkan rasa kepedulian antar sesama umat manusia, dan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas semua kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk menjalani ibadah puasa di tahun ini. Selain itu juga, sekaligus sebagai sarana mempromosikan dan memberikan penyuluhan kesehatan terhadap anak-anak LPQ Miftahul Falah Bandarhardjo Semarang. she

Written by Jatengdaily.com

Optimalkan Pendapatan, Komisi D Dorong Pembenahan Terminal Pilangsari Sragen

Perumahan Permata Puri Amblas, Pemkot Semarang Dorong Pengembang Bertanggung Jawab