in

Ibadah Kurban Ekspresi Syukur dan Ketaatan

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto (kanan) menyerahkan hewan kurban ke panitia. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Unissula melaksanakan prosesi penyembelihan hewan kurban 1445 Hijriyah yang dilaksanakan pada Rabu (19/6/2024). Tercatat Sembilan ekor sapi dan 15 ekor kambing dari dosen dan karyawan Unissula serta Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) dipotong dalam prosesi tersebut.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH dalam sambutannya menyampaikan ibadah qurban adalah wujud nyata dari ketaatan seorang hamba kepada Allah SWT. Nabi Ibrahim menunjukkan ketundukan total kepada perintah Allah, meskipun itu berarti harus mengorbankan sesuatu yang sangat berharga baginya, yaitu putranya sendiri. “Melalui qurban, umat Muslim diajarkan untuk selalu patuh dan taat kepada perintah Allah, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun,” ungkapnya.

Selain itu ibadah qurban juga mengajarkan nilai pengorbanan dan keikhlasan. Ketika seorang muslim melakukan kurban, mereka tidak hanya mengorbankan harta dalam bentuk hewan ternak, tetapi juga menunjukkan keikhlasan hati untuk berbagi dengan sesama. Ini adalah simbol pengorbanan diri untuk kepentingan yang lebih besar dan kerelaan memberikan yang terbaik dari yang dimiliki.

Hal yang tak kalah penting bahwa ibadah kurban adalah mengekspresikan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Pengorbanan ini menjadi cara untuk mengingat bahwa segala rezeki yang dimiliki adalah titipan dari Allah dan harus digunakan untuk kebaikan. she 

Written by Jatengdaily.com

Fakultas Ekonomi Unissula Lepas 339 Lulusan

Libur Iduladha di Jateng dan DIY, Konsumsi BBM, LPG dan Avtur Meningkat