in ,

Inovatif FSM Undip, Rekayasa Material Keramik Dinding Kristalografi untuk Tingkatkan Daya Saing di Pasar Ekspor

Simulasi penataan pola keramik dinding kristalografi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) –Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan PT Gyan Kreatif Indonesia (GKI) Salatiga melakukan riset inovasi berjudul “ Implementasi Desain Motif Kristalografi Pada Keramik Dinding Melalui Rekayasa Material untuk Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Ekspor” untuk Indonesia Maju dengan dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Penelitian ini dimulai sejak November 2022 dan dirancang dalam tiga tahun hingga 2025, dengan Ketua Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si yang melibatkan anggota tim, pakar pada bidang material seperti Prof. Adi Darmawan, Dr. Ir. I Nyoman Jujur, M.Eng (BRIN), Dra. Ni Putu Muliawati, MM. Sedangkan untuk uji kualitas keramik dikoordinasikan oleh Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng, untuk desain motif kristalografi dan komputasinya dilakukan oleh Dr. Kartono, S.Si. dan Satriyo Adhy, S.Si., M.T.

Simulasi penataan pola keramik dinding kristalografi. Foto: dok

“Penelitian ini dilakukan dalam rangka mewujudkan keramik dinding kristalografi dengan mendesain motif kriatalografi yang menarik dan diaplikasikan pada dinding yang tepat sesuai kebutuhan dengan gaya yang diinginkan. Pola, motif, warna dan kualitas keramik dinding memberikan pengaruh yang besar dalam menciptakan kesan yang ingin dihadirkan. Motif keramik dinding kristalograf menjadi solusi untuk menciptakan desain pola keramik yang unik dan bervariasi. Untuk mendapatkan kualitas tinggi, digunakan teknologi rekayasa material,” jelas Prof Widowati, Kamis (27/6/2024).

Proses pembuatan keramik dinding kristalografi diawali dengan mendesain motif yg unik dan menarik, selanjutnya pembuatan master model, Research dan Trial Material, Penentuan Metode Pembentukan, pembuatan dan pengeringan cetakan, proses pembentukan keramik sesuai dengan metode yang telah ditentukan, pengeringan hasil pembentukan, pewarnaan, pembakaran dan terakhir finishing.

Pembuatan master model keramik dinding dengan motif crop circle dan bihani. Foto: dok

Motif kristalografi yang dibuat mempunyai tema dasar crop circle dan bihani (bee-honey) yang dapat menghasilkan motif simetris dan beragam coraknya melalui formulasi matematis yaitu translasi, refleksi, rotasi dan kombinasinya. Penerapan konsep kristalografi ini imaksudkan dapat berkontribusi dalam pemecahan masalah pembangunan dengan meningkatkan daya saing keramik dinding dan mendukung pengembangan cluster unggulan potensi daerah, sekaligus peningkatkan kemampuan Masyarakat (pengrajin/ produsen) dalam menerapkan teknologi tepat guna.

Peningkatan pembangunan di sektor infrastruktur dan properti, seperti real estate, perumahan, apartmen, dan bangunan lainnya berdampak pada permintaan pasar dalam negeri maupun global semakin bertambah.

”Produksi keramik dalam negeri urgen untuk meningkatkan kualitas, tipe, keunikan desain atau motif, jaminan ketersediaan dan after sales service, serta rata-rata Tingkat Komponen Dalam Negeri. Industri keramik perlu melaksanakan diversifikasi produk dengan berbagai variasi desain untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Oleh karena itu, kegiatan riset ini perlu terus dikembangkan dengan melibatkan kerjasama bersinergi antara pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, dan media dalam rangka mengembangkan industri kreatif keramik dinding kristalografi yang menembus pasar ekspor,” jelas Prof Widowati. she 

Written by Jatengdaily.com

Respons Potensi Kekeringan Panjang, Presiden Tinjau Pompanisasi di Kotawaringin Timur

FH USM Gelar Upacara Dies Natalis Ke-37