in

Jelang Pilkada, Bupati Demak Ajak Ormas Wujudkan Kondusifitas

Bupati Demak dr Hj Eisti'anah didampingi Wabup KH Ali Makhsun, Sekda H Akhmad Sugiharto serta Kepala Bakesbangpol Kabupaten Demak Kendarsih Iriani saat menyerahkan bantuan hibah kepada Ketua PCNU Kabupaten Demak HM Aminudin. Foto : sari jati

DEMAK (Jatengdaily.com)- Pemerintah Kabupaten Demak intensif mengajak semua elemen masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk berpartisipasi dalam mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak terkecuali menjelang helat pemilihan kepala daerah (pilkada), Bupati dr Hj Eisti’anah SE pun menyerukan kepada semua ormas turut mewujudkan kondusifitas wilayah.

Pada acara penyerahan bantuan hibah Pemkab Demak tahun 2024 kepada ormas, Bupati Eisti’anah menuturkan, hibah yang diberikan sebagai wujud terimakasih pemda kepada ormas yang telah membantu kinerja pemda. Sehingga terlaksana program-program pembangunan daerah.

“Bantuan hibah total senilai Rp 2,6 miliar ini sebagai bentuk harmonisasi dan dukungan pemkab kepada ormas dalam berkegiatan, yang bermuara kemaslahatan umat dan kesejahteraan masyarakat. Di samping tentunya untuk menumbuhkan kesadaran ormas dalam berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang bupati, didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Demak Kendarsih Iriani SH MH, Selasa (21/05/2024).

Khususnya menjelang Pilkada, tak lupa Bupati Eisti’anah pun menggandeng semua ormas untuk bersinergi mewujudkan kondusifitas. Sebab keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah dan penyelenggara pemilu. Namun ada peran serta masyarakat serta stakeholders termasuk ormas di dalamnya.

Adapun ormas yang mendapatkan bantuan hibah Pemkab Demak tahun 2024 antara lain PCNU Kabupaten Demak, PD Muhammadiyah Kabupaten Demak, IPHI, dan FKUB. Selain juga MUI, IKA PMII dan Rumah Aspirasi.

Sedangkan terkait penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 yang diagendakan serentak pada 27 November, Bupati Eisti’anah mengungkapkan, telah mengalokasikan anggaran hibah senilai Rp 60 miliar untuk KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Di samping juga untuk pengamanan tahapan pemilu dan pilkada. rie-she

Written by Jatengdaily.com

Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Capai 1.554 Orang

Polda Jateng Gagalkan Penadahan Motor Transnasional Yang akan Dikirim dari Indonesia ke Vietnam