Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menutup acara dan menyerahkan secara langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori lomba. Foto:dok
in

Kota Semarang Juara Umum MTQ Ke-30 Tingkat Jawa Tengah, Pj Gubernur Targetkan Jateng Lima Besar di Tingkat Nasional

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Kota Semarang berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi yang berlangsung di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Perhelatan yang berlangsung di Kabupaten Pati pada 25-28 April 2024 lalu mengusung tema “Semangat MTQ Bangun Jiwa Muda Qur’ani Untuk Jawa Tengah Lebih Religius”.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menutup acara dan menyerahkan secara langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori lomba.

Dalam gelaran ini, Kota Semarang keluar sebagai juara umum, disusul dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus. Setelah Kota Semarang, daerah lain yang masuk 10 besar yakni Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Magelang.

Kompetisi MTQ ini terdiri dari delapan cabang dengan 24 kategori, baik putra maupun putri. Pesertanya sebanyak 830 orang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kemenangan ini merupakan awal untuk meningkatkan prestasi dan harapannya bisa mengharumkan nama Jawa Tengah ditingkat nasional,” kata Nana.

Sementara itu, Asisten Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur bersyukur Kota Semarang kembali meraih posisi pertama dan menjadi juara umum MTQ ke-30 tahun 2024.

“Alhamdulillah pada MTQ ke-30 tahun 2024 yang ditutup pada hari Minggu tanggal 28 April 2024 lalu, Kota Semarang kembali mempertahankan predikat sebagai juara umum,” ujar Hernowo.

Kota Semarang, lanjut Hernowo, meraih sebanyak 24 trophy atau piala. Dengan rincian, juara 1 sebanyak 12 piala, juara 2 mendapatkan 10 piala dan juara 3 mendapat 3 piala.

“Jadi total keseluruhan kita bisa mendapatkan 24 piala, dengan skor nilai total mencapai 92 nilai. Skor ini membuat Kota Semarang unggul jauh dari kabupaten/kota lain hingga menjadikan kita juara umum,” imbuhnya.

Dirinya menyebut, prestasi dari anak-anak yang mengikuti lomba MTQ patut mendapatkan apresiasi. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan mengundang agar anak-anak berprestasi tersebut bisa ikut dalam Upacara HUT Kota Semarang ke-477 di Balai Kota Semarang pada 2 Mei 2024 besok.

“Seperti biasa, Wali Kota Semarang ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu selalu memberikan penghargaan khusus kepada para juara, termasuk saat moment HUT Kota Semarang. Piala juara umum-nya akan diserahkan kepada ibu Wali Kota dari para peserta MTQ. Ini menunjukkan bahwa mereka telah berjuang, mengharumkan nama Semarang dan berhasil menjadi juara umum,” jelasnya.

Bersyukur

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Semarang, Prof Dr Hj Yuyun Affandi Lc MA bersyukur atas prestasi ini. Dia mengatakan tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk menjadi pememang, khususnya kategori tafsir.

Yuyun yang sejak 2010 dipercaya menjadi Ketua Majelis Golongan Tafsir di tiga cabang, yakni bahasa Inggris, bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia menyampaikan, tidak mudah menjadi peserta tafsir berbahasa asing.

Sebab potensi yang dimiliki harus tiga, pertama hafal Al Qur’an, kedua tafsir di juz tertentu, dan terakhir bahasa asing. “Itu hanya dimiliki yang khowasul khowash (khusus dan khusus-Red),” ujar Yuyun Affandi yang juga Pembina LPTQ Jateng dan berpengalaman lama menjadi juri nasional.

Yuyun menambahkan, salah satu motivasi yang menarik dari Pemerintah Kota Semarang yakni bonus yang disiapkan Wali Kota dan Sekda Kota Semarang, berupa hadiah umrah bagi juara 1 untuk peserta di semua cabang, serta pelatih dan pengurus LPTQ.

“Alhamdulillah bonus ini memacu dan memotivasi pengurus dan peserta untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Semarang. Hasilnya dua kali berturut-turut, MTQ Jawa Tengah di Kota Semarang dan Kabupaten Pati, Kota Semarang menjadi juara umum,” tambahnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi di Alun-alun Kabupaten Pati, Minggu, 28 April 2024 malam.

Nana Sudjana menyerahkan langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori lomba. Kompetisi ini terdiri atas delapan cabang dengan 24 kategori, baik putra maupun putri.

Peserta sebanyak 830 orang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. “Pelaksanaan MTQ ke-30 Provinsi Jawa Tengah berjalan baik, sukses, dan alhamdulillah hasilnya cukup baik. Kami ucapkan terima kasih kepada panitia LPTQ Provinsi, Kanwil Kemenag Jateng, dan Pemkab Pati,” kata Nana Sudjana usai acara.

Nana mengatakan, perhelatan ini juga menjadi ajang untuk persiapan MTQ tingkat nasional pada September 2024 mendatang. Pada gelaran MTQ tingkat nasional sebelumnya, Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat ke-10 dari 38 provinsi.

“Tahun ini MTQ tingkat nasional akan dilaksanakan di Kalimantan Timur. Kami memasang target peningkatan peringkat dengan masuk lima besar,” katanya.

Pascapelaksanaan MTQ ke-30 tingkat provinsi ini, ke depan akan dibentuk tim khusus untuk persiapan menuju MTQ Nasional. Para pemenang tingkat provinsi akan diseleksi kembali sesuai dengan jumlah kategori yang dilombakan pada tingkat nasional.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kemenangan ini merupakan awal untuk meningkatkan prestasi. Masih banyak jenjang yang akan dihadapi. Tetaplah rendah hati dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan agar bisa tampil maksimal dan mengharumkan nama Jawa Tengah,” kata Nana.St

Written by Jatengdaily.com

Kota Semarang dalam Bingkai Statistik: Selamat Hari Jadi ke-477

Peringati Hardiknas; Pendidikan Akhlaq Generasi Milenial Harus Diperkuat