in

Lima Olahraga Yang Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Ilustrasi tenis. Foto: kemenpora

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Berolahraga secara teratur sangat penting untuk kesehatan. Aktivitas fisik ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, hingga mengurangi resiko kematian terkait kardiovaskular.

Sebagaimana diilansir dari laman PMJnews yang dilansir dari Telegraph, berikut lima olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Berjalan Cepat
Berjalan kaki adalah latihan yang mudah dilakukan, tetapi untuk benar-benar bermanfaat bagi jantung, Anda perlu melakukannya dengan cepat atau di medan yang bervariasi.

Tujuannya adalah mencapai sekitar 65-70 persen dari detak jantung maksimum Anda selama setidaknya 40 menit, tiga kali seminggu. Berjalan cepat ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan jantung.

2. Berlari
Berlari lebih menantang dibanding berjalan dan efektif untuk sesi latihan yang lebih pendek. Cobalah berlari selama 20-40 menit, dua kali seminggu.

Anda juga dapat melakukan latihan interval dengan berlari cepat selama 30-90 detik, diikuti dengan pemulihan selama 90 detik. Latihan ini akan meningkatkan kekuatan dan stamina jantung secara signifikan.

3. Berenang
Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang efektif dan dapat dilakukan dengan kecepatan konstan selama 30-40 menit untuk menjaga detak jantung tetap rendah hingga sedang.

Jika Anda seorang perenang yang kurang terampil, berenang dapat digunakan sebagai sesi latihan interval. Berenang cepat selama 30-90 detik, diikuti dengan pemulihan selama 90 detik, akan sangat bermanfaat.

4. Mendayung
Mendayung membakar banyak kalori dan meningkatkan stamina jantung, serta paru-paru. Mesin dayung sangat cocok untuk latihan interval, dengan sesi 40-75 detik yang intens.

Latihan ini dapat dilakukan dua kali seminggu. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan sesi pelatihan VO2 dengan meningkatkan resistensi selama tiga hingga empat menit, diikuti dengan istirahat, lalu ulangi empat hingga enam kali.

5. Tenis
Tenis adalah olahraga yang menawarkan latihan kardio intens melalui gerakan stop-and-start yang acak. Ini membantu meningkatkan stamina dan kesehatan jantung.

Bermain tenis setidaknya sekali seminggu bisa sangat bermanfaat. Untuk hasil yang lebih baik, ikuti latihan dengan pelatih yang akan mendorong Anda untuk terus bergerak dan meningkatkan permainan. she 

Written by Jatengdaily.com

Kemenkes Bakal Cabut Izin Praktek Nakes yang Pakai Calo SKP

Tim PkM USM Sosialisasi Pembagian Waris Islam ke Warga Penggaron Lor