in

Mahasiswa Malaysia Student Exchange ke Farmasi Unissula

Fakultas Farmasi Unissula menyelenggarakan kegiatan Student Exchange Clinical Clerkship (PKPA) di RSI Sultan Agung. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)-Fakultas Farmasi  Unissula  menyelenggarakan kegiatan Student Exchange Clinical Clerkship (PKPA) di RSI Sultan Agung. Kegiatan ini berlangsung dari 24 Februari hingga 3 Maret 2024. Dua orang mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yakni Bethrisya dan Nurul Ain berkesempatan untuk menjadi bagian dari program ini.

Mahasiswa UKM tersebut dibimbing langsung oleh preseptor di RSISA bagian pendidikan dan latihan, dosen pembimbing akademik, serta koordinator PKPA. Selama berpraktik, materi yang diperoleh keduanya yaitu tentang manajemen RS syariah, pengelolaan obat dan pelayanan kefarmasian syariah serta melakukan promosi kesehatan ke pasien rawat inap dan rawat jalan berkolaborasi dengan mahasiswa apoteker, Fakultas Farmasi Unissula sebagai bentuk kolaborasi pengabdian.

Mahasiswa UKM dan mahasiswa Apoteker Unissula juga melakukan Interprofesional Collaboration, membahas kasus tentang stroke iskemik yang disertai hipertensi dan dislipidemia. Pada kegiatan ini juga menghadirkan dokter spesialis, apoteker, ners, mahasiswa ners dan koass, serta juga didampingi oleh dosen pembimbing akademik, preseptor, dan dosen dari UKM. Selain itu, dalam melaksanakan kolaborasi di bidang penelitian, mahasiswa UKM dan mahsiswa apoteker Unissula juga terlibat langsung dalam pengambilan data melalui kegiatan project practice.

Kaprodi Pendidikan Apoteker Dr Naniek Widyaningrum MSc mengemukakan “Program student exchange ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Unissula dalam peningkatan hubungan internasional serta dalam rangka menjalankan tridarma perguruan tinggi,” ungkapnya. she

Written by Jatengdaily.com

Polisi Selidiki Viralnya Pemotor Jadi Korban Pembacokan di Semarang

Kasasi Ditolak, Mario Dandy Divonis 12 Tahun Penjara dan Denda Rp25 M