in

Optimalkan Destinasi Wisata di Jateng, Komisi B Studi Tiru di Desa Wisata Gunungsari Madiun

MADIUN (Jatengdaily.com) – Komisi B DPRD Provinsi Jateng berkunjung ke Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun, Selasa (2/4/2024). Ketua Komisi B, Sarno, mengungkapkan pihaknya ingin melihat secara langsung pengelolaan desa wisata tersebut mengingat publikasi di media sosial sangat menarik.
“Alhamdulillah, menarik sekali ini, mereka dari ketuanya menceritakan awal terbentuknya sampai sekarang sudah memiliki aset dan omset yang lumayan dan mereka bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya di Desa Gunungsari ini,” ungkapnya.
Salah satu yang menjadi poin adalah mereka mengelola desa wisata dengan melestarikan atau nguri-uri adat istiadat di Desa Gunungsari ini. Upaya pelestarian itu dengan mengenalkan wisatawan beberapa kegiatan seperti kendurinan, hajatan mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal, dan tasyakuran melahirkan. Dari kondisi itu, banyak permintaan dari wisatawan luar negeri untuk berkunjung.
“Nah, hal ini kita harapkan desa wisata di Jateng bisa menirunya. Bahkan, makanan yang disajikan tiap hari minggu di Pasar Pendemsari ini betul-betul olahan lokal,” katanya.

Komisi B DPRD Provinsi Jateng berkunjung ke Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun, Selasa (2/4/2024). Foto:dok
Menurut dia, yang cukup menarik yakni pedagang dilarang menggunakan bungkus dari plastik. Mereka menggunakan bungkus dari daun pisang, daun jati, dan daun ploso. Semangat itu untuk mengurangi limbah sampah plastik, mengingat plastik sulit sekali untuk diuraikan.
“Saya sangat senang sekali kalau ini bisa dilaksanakan di Provinsi Jateng, ” harapnya.
Selain hal itu, Desa Wisata Gunungsari juga merupakan desa wisata mandiri. Mereka tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah untuk mengelola desa wisata.
Justru, mereka cenderung menghindari bantuan agar bisa berdikari. Sementara di Jateng, desa wisata berdiri hanya untuk mengakses bantuan saja dan setelah itu tidak berlanjut.
“Kalau di sini mereka mandiri, tidak tergantung dengan bantuan pemerintah. Nah, ini kan betul-betul membuat anggotanya bersemangat untuk berjuang, bagaimana omset pemasukan di desa wisata Gunungsari ini,” pungkasnya.Anf-st

Written by Jatengdaily.com

Dilaporkan 404 Meninggal Akibat DBD, Warga Diminta Tetap Waspada

Dirut RSI Sultan Agung Semarang Berbagi Motivasi untuk Santri Gus Mus