in

Pastikan Arus Mudik Lancar, Komisi A Bersama Dishub Pantau Perbatasan Jateng & DIY

YOGYAKARTA (Jatengdaily.com)  – Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, arus kendaraan bermotor di Provinsi Jateng dan DI. Yogyakarta menjadi sorotan. Untuk itu, Komisi A DPRD Provinsi Jateng bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Provinsi Jateng memantau arus mudik di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang, Selasa (2/4/2024).
Pada kesempatan itu, Sekretaris Komisi A Juli Krisdijanto menyoroti mengenai ketersediaan anggaran dari Satpol PP sendiri untuk pantauan mudik. Harapannya, Satpol PP mampu melayani masyarakat dengan kecukupan anggarannya.
“Anggarannya ada atau tidak, kejadian pada tahun kemarin anggaran kurang jadi saat kondisi jalan macet, pas waktu buka puasa, nanti pada meninggalkan lokasi buat mencari makanan untuk berbuka puasa, kan nggak mungkin. Jadi, harus disediakan nasi dus. Jadi, kalau macet, makan di situ dan tidak meninggalkan lokasi. Nah, ini anggaran siap atau tidak, cukup atau tidak?” tanyanya.
Anggota Komisi A, Soenarno, juga meminta kesiapan Satpol PP untuk mengamankan objek-objek wisata yang ada di Provinsi Jateng selama libur lebaran pada tahun ini. Karena, diperkirakan rentang waktu hari libur lebih lama.

Komisi A DPRD Provinsi Jateng bersama Dinas Perhubungan dan Satpol PP Provinsi Jateng memantau arus mudik di perbatasan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Magelang, Selasa (2/4/2024). Foto:dok
“Destinasi wisata Magelang menjadi destinasi utama. Mohon untuk lebih dipersiapkan khususnya di tempat wisata Magelang, Borobudur. Selain itu, di Ketep Pass dan khayangan. Juga, ada desa wisata di Magelang yang perlu mendapat perhatian, khususnya dalam bidang keamanan. Disamping itu, lalu lintas saat ini sudah terlihat ramai, tolong koordinasi dengan dishub untuk truk-truk supaya sudah tidak lewat di jalan protokol,” tutur Soenarno.
Anggota Komisi A lainnya, Sukardiono, menyoroti masalah lalu lintas yang selalu ramai di Pasar Muntilan. “Pasar Muntilan hari biasa saja ramai, apalagi nanti waktu mudik lebaran. Di sana, perlu penanganan khusus, apakah sudah ada langkah antisipasi supaya pasar sayur tidak mengganggu lalu lintas? Atau, paling tidak meminimalisir di waktu lebaran karena itu jalan protokol supaya mengurangi kemacetan,” kata Sukardiono.
Menanggapi Dewan, Priharto Adi selaku Sub Koordinator Ketertiban Umum Bidang Ketertiban Umum & Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Provinsi Jateng menjelaskan tidak ada anggaran khusus untuk pengamanan lebaran sejak dulu. Dikatakan, selama ini hanya ada anggaran fungsional rutin kegiatan untuk patroli pengamanan.
“Truk bersumbu tiga juga sudah dilarang, untuk truk lain biasanya H minus 5 sudah dilarang beroperasi. Namun, akan kami koordinasikan dengan dishub. Selain itu, balon udara di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Pekalongan boleh tapi ditambah tali dan pengawasan yang bekerja sama dengan kepolisian. Balon udara yang di kampung-kampung juga sudah disosialisasikan untuk tidak diterbangkan secara bebas karena bisa mengganggu lalu lintas udara,” tambahnya.
Priharto Adi menambahkan anggaran sudah direncanakan pada tahun sebelumnya. Ia mengakui pengajuan anggaran tidak pernah disetujui untuk anggaran khusus lebaran.
“Satpol PP ada 35 kota, dari Bapenda tidak ada anggaran khusus, mungkin nanti 2025 bisa dibantu untuk perubahan anggarannya supaya bisa ada anggaran khusus. Karena, selama ini menggunakan anggaran rutin,” jelasnya.
Satpol PP Kabupaten Magelang Andrian Nababan juga menjelaskan bahwa timnya sudah dibagi untuk pengamanan daerah wisata. Untuk taman wisata dan pasar tumpah sekitar H minus 2 sudah ditugaskan petugas untuk berjaga mengamankan, lalu untuk tempat rekreasi seperti Ketep Pass dan Desa Wisata, termasuk Khayangan, pada H plus 3 sudah siap diturunkan petugas.
“Jadi, semua sudah disiapkan. Selain itu, untuk Pasar Muntilan sudah selalu ada petugas patroli kesana. Sudah (pernah) digusur tapi nanti pasti kembali lagi karena namanya mencari rejeki ya. Tapi, nanti kami koordinasikan lagi untuk lebih diperketat pengawasan disekitar pasar,” tandas Andrian. Anf-st

Written by Jatengdaily.com

Keren, Gratis E-Voucher MyPertamina Bila Mengaji 1 Juz, Catat Lokasinya!

Gelaran Iam24K Roadshow di Kota Semarang Berlangsung Meriah