in

Peduli Warga Terdampak Banjir Demak, DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Desak Pemerintah Normalisasi Sungai dan Penguatan Tanggul

Ketua DPW Perempuan Bangsa Hj Ida Nur Saadah saat menyerahkan bantuan pangan dan zakat maal Ketua Umum PKB H Abd Muhaimin Iskandar untuk warga terdampak banjir di Demak khususnya Kecamatan Karanganyar. Foto : sari jati.

DEMAK (Jatengdaily.com) – DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Demak, Minggu (07/04/2024). Kegiatan yang berlangsung di Gedung IPHI Kecamatan Karanganyar itu dipimpin langsung oleh Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Hj Nur Saadah SPdI MH.

Didampingi Sekretaris DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Hj Ni’matul Azizah SHI dan Ketua DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Demak Hj Churun Chalina Silfiya, Mbak Ida – sapaan akrab Nur Saadah menyampaikan, keprihatinan sekaligus bersyukur musibah banjir di Karanganyar khususnya sudah teratasi.

“Musibah banjir kali ini, menurut Ida Nur Saadah merata. Tak hanya banjir bandang karena jebolnya tanggul sungai, akan tetapi juga banjir rob yang rutin terjadi di kawasan pesisir.

“Namun banjir di Kecamatan Karanganyar dampaknya dirasakan seluruh masyarakat. Tak hanya di Kabupaten Demak bahkan Jawa Tengah karena putusnya jalur nasional pantura Demak-Kudus. Jadi tidak mengherankan jika semua perhatian tercurah ke Karanganyar. Mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat melalui BNPB dan kementerian terkait. Bahkan Presiden Joko Widodo pun menyempatkan hadir mengunjungi,” urai Ketua LKK PCNU Kabupaten Demak itu.

Walau begitu, lanjut Ida Nur Saadah, selalu ada hikmah di balik musibah. “Gusti Allah mboten sare. Walaupun diterpa musibah luar biasa, namun yakin ada hikmah luar biasa juga. Mari selalu berkhusnudzon,” ajak anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Di antara hikmah itu adalah, ketika Demak menjadi viral karena bencana banjir hingga ketinggian dua meter lebih akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan di Desa Ketanjung Karanganyar, tumbuh empati, bergotong-royong dan saling sinergi dari banyak elemen masyarakat. Tak hanya dari Demak dan sekitarnya, namun tataran nasional dan internasional. Salah satunya datang dari Muslimat NU di Jerman, yang mengirimkan bantuan melaluk Mslimat NU Jawa Tengah.

Bersamaan penyerahan bantuan paket bahan pangan berisi beras lima kilogram, gula dan minyak goreng tersebut, diberikan pula zakat maal Ketua Umum PKB Dr H Abd Muhaimin Iskandar. “Pada Ramadhan 1445 H ini kami mendapatkan amanah untuk menyalurkan zakat maal Ketua Umum PKB Bapak H Abdul Muhaimin Iskandar untuk 1.000 penerima manfaat. Berupa uang tunai masing-masing senilai Rp 200.000,” lanjut Ida Nur Saadah.

Karena berhalangan hadir, salam dari Gus Muhaimin Iskandar berserta istri yang juga Ketua Dewan Pembina Perempuan Bangsa Hj Rustini Murtadho disampaikan kepada segenap ibu-ibu kader Perempuan Bangsa utusan 14 kecamatan yang hadir. Di samping juga salam dari Ketua DPP Perempuan Bangsa Hj Siti ‘Erma’ Mukaromah, juga Ketua DPW PKB Jawa Tengah Gus Yusuf Khudori.

Sedangkan mengenai penanggulangan bencana banjir di Demak, diharapkan pemerintah tidak hanya konsentrasi pada infrastruktur jalan, namun juga memperhatikan pembangunan infrastruktur pertanian dan fasilitas-fasilitas yang merakyat. Seperti perbaikan irigasi pertanian, penguatan tanggul sungai serta normalisasi sungai dari hulu hingga hilir.

“Jangan sampai pemerintah datang saat masyarakat sudah terkena musibah. Perlu ada langkah antisipasi dan rencana-rencana strategis agar langkah pembangunan menyentuh kemaslahatan masyarakat bawah,” tandasnya.  rie-St

 

Written by Jatengdaily.com

Penerapan Contraflow-One Way di Tol Berjalan Kondusif

Edy Wuryanto Prihatin, Oleh Oleh Pekerja Migran Indonesia jadi Barang Sitaan