in

Pembangunan Training Center PSSI di IKN Dikebut

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: setpres

PENAJAM (Jatengdaily.com)- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) PSSI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA Regional Development Manager East and Southeast Asia, Chen Jun, dan Direktur Adhi Karya, Entus Asnawi.

Menurut Erick, Presiden Jokowi mengapresiasi progres pembangunan TC PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20,36%.

“Pak Presiden menyatakan apresiasinya atas progres pembangunan Training Center PSSI Tahap 1 yang telah mencapai 20,36%. Jadi progresnya on-time. Ini menunjukkan komitmen PSSI, Adhi Karya, dan pemerintah melalui PUPR dalam menjalankan arahan presiden, sekaligus menjawab kepercayaan FIFA karena perwakilannya juga hadir di IKN ini, untuk percepatan pembangunan Training Center demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik,” jelas Erick Thohir.

Pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia. Dengan fasilitas bertaraf internasional, para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta program dan metodologi latihan terbaik.

Pembangunan TC PSSI tahap 1 ini mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai US$5.6 juta atau setara dengan Rp 90 miliar. Untuk tahap 1 ini, pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain. Untuk asrama di Tahap 1, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri dari 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 suite untuk pelatih kepala.

“Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, maka PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak boka Indonesia,” tambah Erick.

Sembari mengungkapkan komitmen PSSI untuk percepatan pembangunan TC ini, Erick berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward. “PSSI berkomitmen untuk mempercepat pembangunan TC demi transformasi sepak bola Indonesia yang lebih baik. Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah dan FIFA Forward. Terlebih dengan sudah beroperasinya kantor perwakilan, FIFA Indonesia Office di Jakarta, maka kami akan sering berkoordinasi dengan FIFA agar tahap 1 TC itu selesai sesuai jadwal,” kata Erick Thohir.

Pemerintah dan PSSI berharap pembangunan TC Tahap 1 ini dapat selesai sesuai target pada Mei 2024. Dengan demikian, para pemain dan staf pelatih dapat segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepakbola Indonesia.

Sesuai blue print, Training Center PSSI di IKN akan memiliki total delapan lapangan sepak bola, pusat rehabilitasi, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang tidak hanya akan bermanfaat bagi tim nasional, namun juga masyarakat sekitar. she

Written by Jatengdaily.com

Prajurit TNI Diminta Redam Emosi dan Tak Boleh Terlibat Politik Praktis

Satgas Antimafia Bola Limpahkan Tujuh Tersangka Match Fixing ke Kejaksaan