in

Pemerintah Berlakukan Diskon Tarif Tol 20 Persen di Ruas Utama Jalur Mudik dan Balik

Gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Foto: she

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Diskon tarif tol hingga 20 persen diberlakukan di ruas utama jalur mudik dan jalur balik, yaitu pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan keluar/exit Gerbang Tol Kalikangkung, meliputi Ruas Tol Palimanan-Kanci, Semarang-Batang, dan Jakarta-Cikampek.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Pemberian Diskon Tarif Tol Periode Mudik Lebaran 1445H/2024M pada Selasa (2/4/2024).

Keputusan pemerintah untuk memberikan potongan tarif di seluruh ruas Tol Trans Jawa selama masa mudik lebaran atas dasar kesepakatan bersama dari operator jalan tol PT. Jasa Marga, operator yang tergabung dalam Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif pihak terkait untuk memberikan diskon tarif tol yang berlaku pada periode arus mudik dan arus balik Idulfitri 2024,” kata Menko Muhadjir.

Lanjutnya, kebijakan memberikan potongan tarif tol merupakan ikhtiar bersama untuk mendistribusikan lalu lintas kendaraan pribadi supaya tidak terakumulasi di hari dan waktu puncak arus mudik dan balik lebaran.

Sebagaimana survey yang dilakukan Kemenhub, sebanyak 193,6 juta orang diperkirakan akan melakukan mudik Idulfitri 2024, dimana penggunaan kendaraan pribadi untuk mudik masih menjadi salah satu moda transportasi terbanyak pilihan pemudik, yaitu 18,3 persen dari jumlah pemudik.

Perkiraan puncak arus mudik pada H-2 lebaran (Senin, 8 April 2024, awal cuti bersama), potensi pergerakan 26,6 juta orang (13,7 persen) dan perkiraan puncak arus balik pada H+3 (Minggu, 14 April 2024), potensi pergerakan 41 juta orang (21,2 persen).

Untuk arus mudik, pemberian diskon tariff tol akan dimulai pada 3 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 5 April 2024 pukul 05.00 WIB. Sementara untuk arus balik, akan dimulai tanggal 16 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Demikian juga dengan Tol Arah Barat, yaitu ke Merak, Banten, dan arah Sumatera juga akan memberikan potongan yang sama. Untuk Gerbang Tol non Jawa, pemberian diskon akan berlaku juga mulai tanggal 5 April 2024 sampai dengan 19 April 2024.

Menko Muhadjir menyatakan seluruh operator ruas jalan tol yang tergabung dalam Trans Jawa sepakat memutuskan untuk memberikan potongan tarif tol sebanyak 20 persen yang akan dimulai di hari dan waktu yang sama.

“Pemberlakukan diskon tarif tol pada ruas jarak jauh dikarenakan berdasarkan data historis sebanyak 41 persen pemudik menggunakan jalur tersebut,” kata Menko Muhadjir.

Ia meminta agar pemberian diskon tarif tol ini dapat disosialisikan secara masif sebelum pelaksanaan mudik, sehingga masyarakat bisa menjadwalkan mudik dengan memanfaatkan diskon tersebut.

Hal ini supaya masyarakat Indonesia melakukan mudik bisa mempersiapkan diri untuk mudik lebih awal, serta bisa mendapatkan keuntungan potongan tarif tol dan jalan yang belum terlalu padat. she 

Written by Jatengdaily.com

Persediaan Pangan dan Energi di Jateng Aman Selama Lebaran

Dilaporkan 404 Meninggal Akibat DBD, Warga Diminta Tetap Waspada