in

Pemerintah Datangkan Dokter Asing untuk Selamatkan 12 Ribu Bayi Berisiko Kelainan Jantung

Ilustrasi bayi. Foto: pixabay.com

JAKARTA (Jatengdaily.com)– Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut pemerintah akan mendatangkan dokter asing untuk menyelamatkan sekitar 12 ribu nyawa bayi per tahun yang berisiko meninggal akibat kelainan jantung bawaan.

“Itu karena pada saat sekarang kita punya lebih 12 ribu bayi yang punya kelainan jantung bawaan,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dilansir dari laman humas Polri, Rabu (3/7/24).

Ia mengatakan, kemampuan dokter di Indonesia untuk melakukan operasi jantung baru berkisar 6 ribu pasien per tahun, sementara penanganan kelainan jantung bawaan memerlukan tindakan operasi yang cepat.

“Enam ribu bayi ini kalau tidak tertangani memiliki risiko tinggi untuk meninggal. Kalau kita tunggu, risikonya makin tinggi,” jelas Menkes Budi Gunadi.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan mengatur persyaratan dan batasan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan warga negara asing (WNA) yang ingin berpraktik di Indonesia.

Menurut Menkes Budi, kedatangan dokter asing untuk berpraktik di Indonesia itu sebenarnya untuk menyelamatkan 6 ribu nyawa bayi mengalami kelainan jantung.

Meski begitu, ia mengakui kebijakan itu belum sepenuhnya diterima oleh sejumlah pihak mengaitkan itu dengan kualitas layanan dokter asing dan domestik.

“Bahwa kemudian mungkin ada yang merasa sensitif seperti FK Unair, bahwa oh dokter kita lebih hebat, kemudian kita juga bisa. Isunya bukan itu, isunya bukan juga merendahkan kemampuan dokter-dokter kita, nggak,” jelas Menkes Budi Gunadi.

Ia meyakini dokter Indonesia mampu mengatasi operasi jantung. Namun, dengan laju kasus mencapai 6 ribu pasien per tahun, kuota dokter yang dimiliki Indonesia belumlah cukup.

“Kita kan nggak bisa nunggu. Kita datangkan dokter-dokter asing itu untuk menyelamatkan nyawa 6 ribu bayi ini dan 12 ribu ibu-ibu yang akan sedih kalau bayinya kemudian cacat jantung bawaan,” ujar Menkes Budi Gunadi. she 

Written by Jatengdaily.com

PSIS Rekrut Wildan Ramdhani untuk Perkuat Lini Depan

Sinergi PLN Icon Plus dan PLN EPI Dorong Ekonomi Sirkuler Desa Berdaya di Gunungkidul