in

Penyebab Tujuh Orang Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah, Diduga Sopir Bus Mengantuk

Kecelakaan Bus Rosalia Indah. Foto: dok Polda Jateng

BATANG (Jatengdaily.com)- Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Stefanus Satake Bayu mengatakan, kemungkinan besar penyebab kecelakaan tunggal yang dialami bus Rosalia Indah di Km 227 ruas Tol Semarang-Batang, di wilayah Kabupaten Batang, pada Kamis (11/4/2024) pagi, disebabkan karena sopir bus mengantuk.

Berdasarkan keterangan sopir bus, kata Satake, insiden bermula saat kendaraan itu melaju dari arah barat ke timur di lajur kiri. Pengemudi pun mengaku mengantuk saat itu.

“Sesampainya di KM 370 + 200 jalur A pengemudi mengantuk sehingga KBM Bus Po. Rosalia Indah keluar dari jalan masuk ke parit sepanjang 200 meter,” ucap Satake

Dalam kondisi menyetir, sopir mengantuk, kemudian tertidur sesaat dalam hitungan detik. Sopir mengalami apa yang dinamakan microsleep karena kelelahan. Dari sejumlah saksi mengatakan, jika sang sopir memang nampak kelelahan.

Seperti diketahui, akibat dari kecelakaan tunggal tersebut, tujuh penumpang bus Rosalia Indah dari Bekasi tujuan Jawa Timur meninggal dunia. Adapun total penumpang berkisar 30 orang termasuk ada sopir dan kondektur.

Tujuh penumpang yang meninggal, yaitu 4 wanita dan 3 pria. Dari total korban tewas, ada dua anak di bawah umur berusia 3 dan 1 tahun. Sementara, empat korban selamat telah pulang dan diantar oleh manajemen bus Rosalia Indah. Penumpang lain yang terluka termasuk sopir bus masih dalam perawatan.

Sementara itu, dalam keterangan persnya di Rumah sakit Weleri Kendal, kepada wartawan, Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan, bus yang berangkat dari Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, menuju Jawa Timur itu sempat diganti di Km 227 ruas Tol Semarang-Batang, pukul 01.31 WIB. Namun, sopir busnya tidak diganti (jadi hanya bus saja yang diganti). she 

 

Written by Jatengdaily.com

Jangan Berperilaku Dusta di Hari Raya

Kecelakaan Bus Rosalia Indah, Kakorlantas Turun Langsung ke Lokasi di KM 370 Tol Batang-Semarang