in

PLN Icon Plus Bersama PLN Laksanakan Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN

Presiden Joko Widodo, Dirut PT PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi beserta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus berfoto bersama dalam Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN. Foto: dok

PENAJAM PASER UTARA (Jatengdaily.com)– Dalam mewujudkan Sistem ketenagalistrikan yg smart dan futuristik, PLN Icon Plus membangun sistem telekomunikasi yang andal untuk smartgrid dan digitalisasi IKN secara terintegrasi. Pembangunan sistem telekomunikasi ini sejalan dengan Hak Perlintasan yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023 lalu, kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (5/6/2024).

Pembangunan backbone telekomunikasi fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan ditandai dengan groundbreaking PLN Hub sebagai smart electricity, telecommunication and digital center.

PLN dan PLN Icon Plus melaksanakan Groundbreaking Smart electricity, Telecommunication and Digital Centre sebagai bentuk komitmen dan kesiapan dalam rangka
mendukung ekosistem transisi energi dan digitalisasi IKN.

Groundbreaking PLN Hub dilaksanakan di IKN, dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan, “Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN”.

Groundbreaking ini dihadiri juga oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi beserta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus. PLN Hub akan berfungsi juga sebagai pengendali sistem telekomunikasi dan digital center yg dibangun secara terintegrasi dengan kehandalan yang sangat tinggi.

Direktur Utama PT PLN (Persero) mengatakan, “Kami diberikan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan. Terima kasih kami diberikan kesempatan membangun PLN Hub tepat di jantungnya IKN. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam, mengerahkan arsitek-arsitek terbaik bangsa. Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development. Episentrum kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia.”

“PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kwH dari PT PLN (Persero) memiliki peran penting untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi yang andal di IKN guna menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan yang mutakhir dan modern dari PLN, juga sebagai sistem backbone telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penyedia telekomunikasi fixed broadband dan seluler untuk membangun konektivitas di IKN”, tambah Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Icon Plus berkomitmen mendukung sistem ketenagalistrikan PLN dalam pembangunan berkelanjutan di IKN, salah satunya dengan menyediakan layanan telekomunikasi yang didukung oleh infrastruktur termutakhir dan modern, dengan keandalan yang sangat tinggi untuk mendukung terwujudnya ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’ di IKN.

Dalam upaya menciptakan ekosistem Smart , Green and Beautiful di IKN, PLN Icon Plus juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan lainnya serta berkomitmen untuk menyediakan layanan beyond kWh di IKN yang terintegrasi serta mencakup berbagai solusi strategis serta sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan di IKN yang ramah lingkungan dan modern antara lain internet, ekosistem kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), serta Smart Home, yang seluruhnya dirancang untuk mendukung ekosistem yang ramah lingkungan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN.

Melalui kegiatan groundbreaking ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmen serta kesiapan untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan hijau. Upaya ini tidak hanya mendukung keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia. she

Written by Jatengdaily.com

Kejar Giant Discovery, SKK Migas dan KKKS akan Survei Seismic 3D Senilai Rp 1,1 Triliun

Sebanyak 91 Mobil Milik Mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari Disita KPK