in

Polresta Surakarta Terjunkan 1.227 Personil Gabungan akan Amankan Hajatan Rakyat di Solo

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi. Foto: dok/polres surakarta

 SOLO (Jatengdaily.com)- Dalam rangka mengamankan agenda Hajatan Rakyat dengan tema Pesta Rakyat Bukan Pesta Konglomerat yang digelar di Benteng Vastenburg Solo  oleh DPC PDIP Solo , Sabtu (10/02/2024). Polresta Surakarta menerjunkan 1.227 personil gabungan TNI Polri dan Instansi terkait.

“Simpatisan, relawan, dan pendukung diserukan agar tidak menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi saat mengikuti acara tersebut,” kata  Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi.

Polresta Surakarta telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo, maupun panitia pelaksana Hajatan Rakyat.

“Kami baru saja melakukan technical meeting dengan panitia hajatan rakyat untuk membahas skema pengamanan acara tersebut. Ada juga penyelenggara pemilu seperti KPU Solo dan Bawaslu Solo,” ucap Kombes.Pol. Iwan.

Kapolresta menyampaikan agenda Hajatan Rakyat bakal dihadiri sekitar 100.000 ribu orang yang berasal dari Solo raya.

Mereka bakal menyambut Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rencananya, acara tersebut diawali dengan jalan kaki dari kawasan Ngarsopuro ke Benteng Vastenburg Solo pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB.

Pihak panitia telah menyerukan agar para peserta tidak menggunakan sepeda motor saat berangkat ke Benteng Vasteburg Solo.

“Apabila masih ada yang menggunakan sepeda motor maka knalpot harus standar. Jangan menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi karena mengganggu pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Pengurus PDIP Solo telah menyiapkan sekitar 2.000 anggota satgas yang disebar di setiap titik pintu masuk Kota Solo dan sekitar Benteng Vastenburg Solo. Mereka bakal menertibkan peserta hajatan rakyat yang nekat memakai knalpot tidak sesuai spesifikasi.

“Jika masih ada pelanggaran maka akan diserahkan kepada pihak berwajib,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta Surakarta menambahkan jumlah personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan acara hajatan rakyar sebanyak 1.277 orang.

Mereka merupakan anggota TNI-Polri, Satpol PP Solo, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Mereka juga disebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan sekitar Benteng Vastenburg Solo.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Kapolresta Surakarta menyampaikan pengalihan arus lalu lintas tak berbeda jauh saat pelaksanaan car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi.

“Jika rombongan peserta sudah berjalan dan penggal jalan bisa dilewati pengguna jalan maka akan dibuka. Jadi, agenda politik berjalan namun masyarakat juga harus terlayani,” pungkas Kapolresta. she 

Written by Jatengdaily.com

Ini Cara Cek Lokasi TPS dan Dokumen Yang Dibawa Saat Nyoblos

Giliran Rektor Unissula Tolak Permintaan untuk Tidak Mengkritik Jokowi