in

Satupena Jawa Tengah akan Terbitkan 4 Buku Tahun ini

Mohammad Agung Ridlo dan Gunoto Saparie

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Jawa Tengah akan menerbitkan empat buku tahun 2024 ini. Empat buku tersebut adalah antologi esai tentang tata ruang berjudul “Dari Hulu ke Hilir”, antologi esai tentang profil para tokoh yang berjuang dan mengharumkan nama Semarang berjudul “Mereka yang Berjuang untuk Semarang”, antologi puisi tentang cinta dan filsafat, dan antologi cerita pendek bertema moderasi beragama.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie kepada wartawan, di sekretariat organisasi tersebut, Jalan Taman Karonsih I, Semarang, Selasa, 4 Juni 2024, sehubungan program literasi komunitas yang dipimpinnya itu dalam tahun ini.

Didampingi Sekretaris Umum Satupena Jawa Tengah Mohammad Agung Ridlo, Gunoto mengatakan, rencana penerbitan buku antologi esai tentang tata ruang merupakan kerja sama Satupena Jawa Tengah dengan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan Komite Seni Budaya Nusantara Jawa Tengah. Esai-esai dalam buku ini diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran tentang sistem perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian ruang.

Mohammad Agung Ridlo menambahkan, ruang wilayah di Indonesia terdiri dari matra darat (hulu) dan matra laut (hilir), di mana sering terjadi konflik kepentingan dan mengalami berbagai bencana. Oleh karena itu, perlu pemikiran penataan ruang yang dapat mewujudkan ruang wilayah berkualitas, aman, nyaman, produktif, berjati diri, berdaya saing, dan berkelanjutan. Hal itu dalam rangka menjaga keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan.

“Penulis diharapkan mengirimkan esai dengan tema tentang tata ruang ke posel satupenajateng@gmail.com. Batas waktu pengiriman 15 Juli 2024. Tim editor selain saya sendiri, juga Saratri Wilonoyudho, Iwan Rudiarto, dan Esthi Susanti Hudiono,” katanya seraya menambahkan, peluncuran buku ini direncanakan bulan Oktober 2024.

Menyinggung rencana penerbitan buku antologi esai tentang para tokoh yang berjuang dan mengharumkan nama Semarang, Gunoto Saparie mengatakan, dalam hal ini Satupena Jawa Tengah bekerja sama dengan Rumah Pohan Semarang dan Satupena DKI Jakarta. Tulisan diharapkan telah diterima di posel dadmurniahdad@yahoo.com paling lambat 1 Juli 2024. Tim editor terdiri dari Dad Murniah, Sylvie Poo Han, dan Johannes Christiono.

“Peluncuran buku ini direncanakan bulan Agustus 2024 bersamaan dengan pameran pers perjuangan dan lokakarya tentang penyaduran karya sastra Melayu Rendah,” ujarnya.

Sedangkan buku antologi puisi tentang cinta dan filsafat, lanjut Gunoto, masih dalam proses kurasi dan editing. Sementara buku antologi cerita pendek tentang moderasi beragama yang akan bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah masih dalam persiapan publikasi ketentuan teknisnya.St

Written by Jatengdaily.com

Pastikan IKN Berkelanjutan, Pemerintah akan Pasok Green Cement dari SIG

Pemkot Semarang Rilis Hasil Riset BRIN, Petasol Pengganti Bio Solar