in

Setelah Diserang Ransorware, Lima Layanan Publik Ini Kini Pulih

Ilustrasi serangan siber. Foto: pixabay.com

JAKARTA (Jatengdaily.com)-Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kemenkominfo, Usman Kansong mengatakan, pasca Pusat Data Nasional Sementara (PDSN) 2, diserang Ransorware, kini lima layanan publik telah kembali pulih.

Seperti diketahui, serangan ingin menimbulkan berbagai gangguan dalam layanan masyarakat sejak 20 Juni 2024. Ransomware sendiri, pada intinya merupakan salah satu tipe malware yang bikin seseorang sulit mengakses device (perangkat teknologi) dan data yang ada di dalamnya.

Adapun lima layanan milik Kementerian maupun Lembaga Negara telah pulih kembali. Lima layanan itu, yakni layanan Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), layanan SIKaP LKPP. Juga layanan perizinan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, layanan ASN digital Kota Kediri, dan layanan Si Halal Kementerian Agama.

“Kita prioritaskan juga pemulihan pelayanan publik. Hari ini sudah ada 5 tenant (layanan) yang pulih,” ujar  Usman Kansong, Rabu (26/6/24).

Selanjutnya, pemulihan akan dilakukan pada sejumlah layanan lain. Target terdekat, akan ada belasan layanan pemerintahan yang bisa dituntaskan dari serangan Ransomware. Sehingga sampai akhir bulan ini,  18-an layanan publik akan bisa recovery. she 

Written by Jatengdaily.com

Trial Game Dirt 2024 Berlangsung di Lima Kota, Semarang Siap Buka Putaran Perdana

Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Kormi Demak Gelar Forkab