in

Stasiun Balapan Solo Siap Sambut Pemudik

Stasiun Balapan Solo. Foto: Prov. Jateng

SURAKARTA (Jatengdaily.com)– Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meninjau kesiapan layanan mudik 2024, di Stasiun Balapan, Kamis (4/4/2024). Meski belum ada lonjakan penumpang, diperkirakan angka pemudik meningkat hingga 122 persen atau 5.600 orang pada masa puncak mudik.

“Sampai tanggal 4 April 2024 para pemudik masih belum kelihatan. Masih seperti hari biasa. Puncaknya akan datang pada tanggal 6,7, 8 April sampai ke Solo,” tutur Nana, saat meninjau Stasiun Solo Balapan, didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Oleh karena itu, pihaknya terus mempersiapkan petugas untuk melayani pemudik. Posko yang diperkuat petugas TNI/Polri dan Dishub, sudah bertugas sejak 3 April hingga 18 April 2024 mendatang. Sementara, posko internal di Stasiun Solo Balapan dimulai pada 5-16 April 2024.

Pada tinjauan itu, Nana juga memberikan bingkisan berupa sembako kepada petugas di Stasiun Solo Balapan. “Secara keseluruhan kesiapan petugas, sudah siap, dan kami percaya stasiun ini siap menerima dan memberikan pelayanan terbaik, bagi para pemudik di Solo Raya ini,” imbuh Nana dilansir dari laman humas Prov. Jateng.

Kepala Stasiun Balapan, Agus Widodo mengatakan, kepadatan arus mudik diperkirakan mulai 5 April 2024. Sementara puncak mudik diperkirakan terjadi pada 6-7 April.
“Diperkirakan (pemudik naik) 122 persen dari tahun kemarin. Di angka 5.600 (orang) untuk di peak-nya (puncak mudik),” sebut Agus.

Ditambahkan, pada masa angkutan Lebaran 2024, akan dioperasionalkan kereta reguler dan tambahan, yakni Lodaya tambahan jurusan Bandung, dan Manahan tambahan jurusan Jakarta.

Ia mengimbau, agar pemudik pengguna kereta api mengutamakan keselamatan. “Tidak perlu tergesa naik atau turun, karena naik turun penumpang kami sediakan waktu yang cukup,” pungkas Agus. she

Written by Jatengdaily.com

Tujuh Obat Ini Wajib Disiapkan Selama Perjalanan Mudik

Survei MIPOS: Elektabilitas Sudaryono Naik Tajam Geser Tokoh Lama di Bursa Cagub Jateng, Hendi Masih Tertinggi