in

SV Undip Kirim Lima Mahasiswa ke Jepang untuk Magang

Lima mahasiswa Sekolah Vokasi Undip magang ke Jepang. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Program Studi Bahasa Asing Terapan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) selama bulan Januari-Februari 2024 berhasil mengirim lima mahasiswa untuk mengikuti kegiatan internship (magang) di Jepang.

“Dari 5 mahasiswa tersebut 3 orang mahasiswa semester 6 ditempatkan di Marumine Hotel, Prefektur Fukushima. Sedangkan 2 orang mahasiswa lainnya, juga semester 6 ditempatkan di Jodogahama Park, Prefektur Iwate. Mereka menjalani internship selama 1 tahun,” jelas Ketua Program Studi (Kaprodi) Bahasa Asing Terapan SV Undip Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum kepada pers Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, sampai bulan Februari 2024, sudah ada sekitar 30 mahasiswa yang melakukan internship di Jepang dengan paling banyak penempatan di hotel dan resort.

“Kegiatan internship mahasiswa dikonversikan ke dalam mata kuliah Prodi. Selain itu magang/internship juga merupakan salah satu mata kuliah wajib mahasiswa Sekolah Vokasi Undip, dengan bobot SKS mencapai 20 SKS” ujar Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum.

Lebih lanjut menurutnya, dengan melakukan internship selama setahun di perusahaan atau institusi di luar negeri (seperti Jepang misalnya) maka mahasiswa akan memiliki semacam pengalaman kerja luar negeri (internasional). Pengalaman tersebut nantinya sangat berguna bagi mereka saat mereka lulus dan mencari kerja di dalam maupun luar negeri.

“Saat ini total 30 mahasiswa sedang menjalani internship di Jepang, termasuk pemberangkatan tahun lalu. Belum termasuk nantinya yang berangkat setelah Februari 2024” ujar Kaprodi Sarjana Terapan (STr) Bahasa Asing Terapan SV Undip ini.

Selain tujuan negara Jepang, prodi ini setiap tahunnya juga berhasil mengirim mahasiswa untuk mengikuti beberapa program ke berbagai negara tujuan seperti studi exchange dan beasiswa luar negeri IISMAVO (program pemerintah).

“Untuk IISMAVO, negara tujuan sudah ditentukan pemerintah, mahasiswa kami pernah lolos ke Inggris, Rusia, Korea, dan tahun ini ke Taiwan” tandas Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum. she

Written by Jatengdaily.com

Alumni SMA Negeri 2 Semarang Kini Memiliki Kantor Sekretariat Dwi Aksata

Menhub Imbau Pemudik Berangkat Sebelum H-4 Lebaran