in

Tahun Baru Hijriyah Momen Penting untuk Berhijrah Umat Muslim

Peringatan Tahun Baru Hijriyah FKIP Unissula berlansung secara daring. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Matematika Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyambut datangnya Tahun Baru 1446 Hijriyah.

Acara diisi berbagi kegiatan positif seperti pembacaan surat Yasin dan tausiyah oleh mahasiswa Pendidikan Matematika, Amanda Yuni Alifah. Ia menyampaikan tema Muharram adalah bulan yang mulia, hari Asyura adalah hari yang mulia.

Menurutnya Muharram adalah musim kebaikan, momen yang baik untuk melakukan perdamaian, momen yang baik untuk meningkatkan amal, sedekah, menyantuni anak yatim, dan menolong mereka yang membutuhkan. Bulan Muharram sebagai bulan awal tahun baru hijriah menjadi momen yang terbaik untuk melakukan hijrah, hijrah dari sifat yang tercela menuju sifat yang terpuji.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr M Afandi SPd MPd menyampaikan bahwa Tahun Baru Islam merupakan momen penting yang dinantikan oleh kaum Muslim di seluruh dunia. Terlebih bagi masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Dalam peringatan Tahun Baru Hijriah, umat Muslim diharapkan untuk bisa lebih konsisten dan giat dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Bersemangat hijriah ke jalan yang benar bagi generasi perubahan, menjadi momentum kebersamaan dan persatuan umat Islam. Berevoluasi dan bertransformasi menuju keberkahan hidup dan berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Sementara itu Kaprodi Pendidikan Matematika, Nila Ubaidah SPd MPd menyampaikan pergantian tahun merupakan penanda bahwa umur manusia semakin berkurang bukannya bertambah. “Bagi manusia yang tahu bahwa tujuan hidup manusia untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka mereka akan memikirkan dan membuat neraca perhitungan, sudah sampai mana, dan dipakai apa umur yang telah berlalu,” ungkapnya.

Peringatan Tahun Baru Hijriyah tersebut diikuti unsur dosen, BEM, SEMA, mahasiswa, calon mahasiswa baru FKIP 2024 dan seluruh civitas academica Unissula. Acara dilakukan secara daring pada Minggu (7/7/2024). she

Written by Jatengdaily.com

SIG Tawarkan Solusi Bahan Bangunan Rendah Karbon untuk Konstruksi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Kolaborasi PLN Icon Plus Menuju Transformasi Energi Hijau dan Elektrifikasi Kendaraan di Indonesia