in

Taksi Terbang akan Diujicoba untuk Mobilitas di IKN

Ilustrasi. Foto: berca.co.id

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Taksi terbang atau sky taxi akan segera diujicobakan di Otorita Ibu kota Nusantara (IKN). Kendaraan yang digadang akan menjadi mobilitas perkotaan di IKN – saat ini sudah ada di Balikpapan.

“Barangnya sudah sampai di Balikpapan, minggu depan dibuka kemudian dirakit, dan nanti kita akan coba,” ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, kepada wartawan, Kamis (30/5/24).

Taksi Terbang ini berjenis Optionally Piloted Personal/Passenger Air Vehicle (OPPAV). Kendaraan tersebut dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors Company (HMC).

Kendaraan ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman Otorita IKN dengan Hyundai Motor Company, saat B20 Summit 2022. Kedua belah pihak sepakat untuk membangun ekosistem Advanced Air Mobility di Indonesia.

Bambang mengungkapkan, kendaraan uji coba yang dikirimkan dalam beberapa palet tersebut sudah disimpan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Adapun baterai untuk Taksi Terbang sudah berada di Jakarta, dan direncanakan tiba di Samarinda pada 6 Juni 2024.

Pembukaan palet dan inspeksi akan dilakukan pada awal Juni, sekaligus menandakan tahap pengurusan izin impor sementara telah dimulai. Inspeksi dilakukan Hyundai, Bea Cukai Kalimantan Timur, serta Otorita IKN di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda.

Setelah uji coba, menurut Bambang, akan dilakukan evaluasi termasuk melibatkan civitas akademika.

Sementara itu, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi menambahkan, uji coba dilakukan sebulan penuh. Serangkaian pengajian di Bandara APT Pranoto Samarinda ini juga terkait kajian kelayakan.

“Sesuai dengan target jadwal PoC (Proof-of-Concept) dan arahan Kepala Otorita IKN, kegiatan perakitan dan inspeksi dimulai awal Juni. Dilanjutkan uji coba terbang pada Juli 2024 menjelang perhelatan 17 Agustus di IKN,” ungkap Deputi Ali, dilansir dari laman humas polri. she

 

Written by Jatengdaily.com

Tinjau Pasar Lawang Agung, Presiden Jokowi Pastikan Stabilitas Harga di Musi Rawas Utara

SIG & Bina Karya Kerja Sama Penyediaan Green Cement untuk Proyek IKN