in

Tim PkM USM Adakan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai Amerti Irvin Widowati SE.MSi, dengan anggota Surjawati SE. MM, Akt dan Nirsetyo Wahdi SE.MM, Akt mengadakan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah kepada para pengelola bank sampah di RT 006/RW 002, Kembangsari, Semarang Tengah, baru-baru ini. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai Amerti Irvin Widowati SE.MSi, dengan anggota Surjawati SE. MM, Akt dan Nirsetyo Wahdi SE.MM, Akt mengadakan Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah kepada para pengelola bank sampah di RT 006/RW 002, Kembangsari, Semarang Tengah, baru-baru ini.

Bank sampah di RW 002 Kelurahan Kembangsari ini berdiri sejak Pebruari 2024, yang bermula dari program RW (Rukun Warga).

Program ini kemudian didukung oleh RT- RT yang ada di kelurahan tersebut.

”Penyetoran sampah oleh warga bersifat sukarela dan disebut dengan Sedekah Sampah. Ada petugas yang menjemput sampah-sampah ini di rumah-rumah warga,” katanya.

Sampah yang sudah terkumpul, katanya, kemudian diambil oleh pengepul dengan imbalan yang cukup memadai.

”Hasil penjualan sampah ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat/ warga di Kelurahan Kembangarum, antara lain untuk kegiatan 17 Agustus, rapat rutin RT/RW, subsidi pembuatan kaos dan subsidi piknik,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya berusaha mengadakan diskusi dan sharing untuk meningkatkan partisipasi warga dalam bersedekah sampah, dan membuat business plan agar bank sampah ini dapat berkembang.

”Warga semakin giat untuk menyetor sampahnya, karena ternyata barang yang sudah tidak terpakai masih dapat menghasilkan uang yang terbukti bermanfaat untuk mendukung kegiatan warga di Kelurahan Kembangarum, khususnya di wilayah RW 002,” tandasnya. St

Written by Jatengdaily.com

Sinyal Kuat Gerindra Bangun Kapal Besar Bersama PDI Perjuangan untuk Mbak Ita di Pilwakot Semarang

S1-Ilmu Hukum USM Terakreditasi Unggul dari BAN-PT