in

Tim PkM USM Bantu Atasi Masalah di Kawasan Pesisir

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Sri Widyawati, anggota Bambang Sudarmanto Risti Ulfi Hanifah, Desika Nur Jannah, melakukan survei di kawasan Tambaklorok, Semarang Utara, Senin 25 Maret 2024.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) membantu mengatasi problem yang terjadi di kawasan pesisir.

Tim telah melakukan survei di kawasan pesisir Tambaklorok, Semarang Utara pada 25 Maret 2024.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Sri Widyawati, anggota Bambang Sudarmanto Risti Ulfi Hanifah, Desika Nur Jannah.

Ketua Tim PkM USM, Sri Widyawati mengatakan, kawasan pesisir sebagian besar masyarakat nelayan kondisinya masih sangat membutuhkan perhatian pemerintah maupun stakeholder. Selain itu, kondisi lingkungan pemukiman masyarakat pesisir masih belum tertata dengan baik dan terkesan kumuh.

”Dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang relatif berada dalam tingkat kesejahteraan rendah, dalam jangka panjang tekanan terhadap sumber daya pesisir akan semakin besar guna pemenuhan kebutuhan. Kondisi alam dan cuaca yang tidak menentu membuat pekerjaan nelayan terganggu,” katanya.

Menurutnya, pihaknya akan memetakan permasalah yang terjadi agar dalam mencarikan solusi tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

”Perlunya penataan di kawasan pesisir, sebelumnya kita harus melalukan pemetaan dulu sebelum mengatasi masalah-masalah lingkungan agar tindakan yang dilakukan menjadi tepat guna,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya tinjauan tersebut dapat membantu pemerintah Kota Semarang dalam memperhatikan SDM, kemakmuran wilayah pesisir dan kondisi serta tata kelola lingkungan yang baik.

”Kami perlu meninjau kawasan pesisir guna membantu mengatasi problem–problem wilayah pesisir secara akademik,” ungkapnya.

Ketua Forum Nelayan Masyarakat Pesisir Semarang Utara, Suhartono menyampaikan terima kasih kepada tim PkM USM yang membantu masyarakat pesisir. Dia berharap, perhatian ini bisa terus berkelanjutan, sehingga menyejahterakan masyarakat pesisir. St


 

Written by Jatengdaily.com

Unilever Indonesia Gelar Gerakan Masjid Bersih di Masjid Agung Jawa Tengah

Masyarakat Diimbau Hindari Mudik di Tanggal Puncak Arus