in

Tim PkM USM Beri Pelatihan Pajak Penghasilan ke UMKM Tambakrejo

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pajak Penghasilan ke UMKM yang tergabung dalam paguyuban Kelurahan Tambakrejo Semarang, pada 14 Mei 2024 di Aula Kantor Kelurahan Tambakrejo Kota Semarang.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pajak Penghasilan ke UMKM yang tergabung dalam paguyuban Kelurahan Tambakrejo Semarang, pada 14 Mei 2024 di Aula Kantor Kelurahan Tambakrejo Kota Semarang.

Tim terdiri atas Ketua Candra Safitri, S.E., M.Ak., BKP, anggota Anita Damajanti, S.E., M.Si., Akt., dan Dr.Yulianti, S.E.,MBA.,M.Si.,CPA.

Safitri mengatakan, pihaknya memberikan pemahaman dan motivasi pentingnya memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sebagai langkah awal untuk turut serta membangun negeri.

Selain itu juga memberikan pelatihan membuat NPWP secara online melalui website djponline.

”Pelatihan menghitung PPh sesuai UU HPP pun diberikan dengan tarif 0,5% dari omzet setelah dikurangi batasan tidak kena pajak sampai dengan omzet 500juta setahun, kemudian diberikan pelatihan membuat E-Billing untuk menyetor pajak, dan pelatihan mengisi SPT Tahunan dengan E-Form melalui website djponline halaman resmi milik Direktorat Jenderal Pajak (DJP),” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam membantu program pemerintah yaitu menggelar sosialisasi UU HPP, dengan sasaran para pelaku UMKM serta sebagai upaya untuk meningkatkan penerimaan negara melalui pajak.

”Respons peserta cukup bagus. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Mereka minta agar tim PkM USM memberikan lagi program-program pelatihan dengan tema berbeda,” tuturnya.St

Written by Jatengdaily.com

Mortir di Tempat Rongsok di Magelang Telah Dievakuasi Tim Gegana Polda Jateng

Buntut Revitaliasi, Kios Pedagang Candi Borobudur Dibongkar