in

Tim Pkm USM Beri Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UMKM

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kemampuan Teknologi Pemasaran Online bagi pelaku UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung di Balai Kelurahan Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari, Kota Semarang, baru-baru ini. Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kemampuan Teknologi Pemasaran Online bagi pelaku UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung di Balai Kelurahan Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim terdiri atas Ketua Johanis Souisa, SE,MM, anggota Dwi Widi Pratito SE.MM dan Lauren Istianawati SE.MM.

Kegiatan dihadiri antara lain Lurah Kelurahan Karanganyar Gunung, Nurhayati Budi Wahyuningtyas. S.Sos, MAP, Ketua UMKM Sasa dan pengurus serta anggota UMKM Kelurahan Karanganyar Gunung.

Johanis mengatakan, tujuan kegiatan memberikan pemahaman tentang pemasaran online dengan menggunakan OLX.

”Kami berharap, dengan diadakan pelatihan maka masyarakat khususnya pelaku UMKM Karanganyar Gunung dapat dengan mudah menggunakan OLX sebagai sarana pemasarannya yang berkontribusi bagi perkembangan usaha mereka,” katanya.

Menurut Johanis, dengan menggunakan pemasaran online, produk tidak hanya bisa dibeli oleh orang-orang yang berada dekat dengan bisnis tersebut saja. Publik yang berada di luar daerah juga bisa mengetahui keberadaan produk tersebut dan membelinya lewat internet.

”Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemasaran digital juga memudahkan bisnis untuk mengikuti perkembangan pemasaran dengan mengamati reaksi konsumen.

Selain itu terdapat berbagai macam cara untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang mereka butuhkan tentang suatu produk yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli.

”Manfaat digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien. Saat ini, ponsel dan akun media sosial hampir tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pemasaran digital, bisa langsung menjangkau ratusan dan bahkan ribuan orang dalam sehari,” ungkapnya. St

Written by Jatengdaily.com

Suami BCL Dilaporkan Mantan Istri atas Dugaan Penggelapan Uang, Polisi Periksa Lima Saksi

Mahasiswa Ilkom USM Kampanyekan Rempah Khas Indonesia